Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pamerkan Tiga Mobil Konsep dan F1 di Tokyo Motor Show 2009

Kompas.com - 06/10/2009, 12:58 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Toyota Motor Corporation (TMC) hari ini mengumumkan akan memajang tiga mobil konsep dan mobil balap F1 TF109 pada Tokyo Motor Show yang akan dibuka minggu ketiga bulan ini.

Tahun ini, Toyota menampilkan tema “Harmonious Drive—A New Tomorrow for People and the Planet”. Tema ini mengekspresikan komitmen Toyota untuk membuat mobil sebagai alat transportasi pribadi, tetapi tetap harmonis dengan kehidupan masyarakat banyak. Tiga mobil konsep yang akan dipamerkan adalah:

FT-86 (penampilan pertama)

FT-86 (“86” disebut hachi roku, artinya dalam bahasa Indonesia, ya... delapan enam) adalah mobil ultra-kompak yang mudah dikontrol oleh pengemudinya. Ciri lain dari mobil ini, bodinya ringan dan memiliki postur yang ceper.

Postur seperti itu memungkinan FT “delapan enam” untuk dikebut dengan pengendalian seperti mobil balap.

Mobil ini menggunakan mesin boxer 2,0 liter (hasil kerja sama dengan Subaru). Fitur menarik lainnya adalah warna bodi flash red atau merah terang dengan bayangan biru. Interior mengekspresikan rasa modern, kendati minimal.

Dimensi (mm): panjang 4.160, lebar 1.760, tinggi 1.260, jarak sumbu roda 2.570, dan bisa memuat 4 penumpang.

Prius Plug-In Hybrid
Ini adalah Prius Plug-In Hybrid pertama yang dipamerkan di depan publik Jepang. Sebenarnya, mobil ini juga dipamerkan pada Frankfurt Motor Show, yang baru saja usai seminggu lalu.

Menurut Toyota, inilah Prius pertama yang menggunakan baterai lithium-ion. Mobil ini dibuat berdasarkan Prius generasi ke-3. Tenaganya bisa diisi melalui tenaga listrik dari luar kendaraan, misalnya soket listrik di rumah.

Mobil bisa dijalankan dengan atau tanpa baterai terisi. Dengan menggunakan energi listrik yang lebih banyak, tingkat efisiensi Prius ini lebih baik dibandingkan dengan hibrida bensin-listrik konvensional.

Toyota menargetkan, konsumsi bahan bakar mobil ini 55 km per liter atau lebih. Adapun emisi karbon dioksida hanya 42 g per km atau lebih rendah lagi. Saat memanfaatkan sistem energi listrik, mobil ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 20 km atau lebih, dengan baterai terisi penuh.

Lama pengisian baterai diperkirakan 180 menit pada tegangan 100 volt dan 100 menit pada 200 volt. Dimensi (mm): Panjang 4.460, lebar 1.745, tinggi 1.490, jarak sumbu roda 2.700, dan bisa memuat 5 penumpang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com