Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan GT-R Bertenaga "Raksasa"

Kompas.com - 30/07/2009, 11:31 WIB

KOMPAS.com — Nissan GT-R sudah dianggap "dewa mobil" bagi penggila kecepatan. Bagaimana tidak. Dari segi tampilan, sedan dua pintu ini tak cuma memancarkan kesan sigap dan gesit, tetapi juga sangat kuat dengan aura power full-nya. Makanya, pihak prinsipal, ketika melahirkan GT-R, tak ingin mengebiri unsur kecepatan.

Termasuk juga, pemilik Nissan GT-R ini, yang namanya enggan disebut. Sebaliknya, ia coba mengoptimalkan potensi besar yang terkandung pada produk Jepang tersebut. Pilihannya, untuk R35 GT570 ini disuntik dengan paket dari HKS di sektor dapur pacu.

Seperti blow-off valve kit HKS super SQV, intercooler pipe, turbo actuators, center pipe, extension pipe, air filter, dan busi, semuanya dijejali dari HKS. Kemudian, update semua computer software yang berkaitan dengan rpm launch control dengan versi terbaru.

Si pemilik juga berusaha membuka semua pembatas kemampuan di ECU. Caranya, melakukan reflash AP1 yang berkenaan dengan pengaturan timing ignition dan fuel. Dengan memperbarui dapur pacu, kini Nissan GT-R tersebut diklaim satu-satunya yang mempunyai tenaga sekitar 600 dk.

Dari sisi eksterior, tak banyak ubahan, kecuali pada bagian belakang, ada penambahan sayap. Lagi-lagi, GT-R ini diklaim sebagai satu-satunya yang sudah mengganti sayapnya dengan aftermarket dari Amuse.

Sayap tersebut terbuat dari bahan dry carbon yang ringan dan kuat. Harganya disebut-sebut sekitar Rp 80 juta dan pemasangannya menurut Henry Vonda dari bengkel UFOGR tidak rumit, tinggal baut ke dudukan standarnya. Untuk menyesuaikan dengan warna bodi, Henry melaburnya dengan kelir hitam.

Kalau Anda penasaran ingin melihat Nissan GT-R dalam kondisi standar, bisa datang ke Senayan City. Di sana, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sedang menggelar test drive bagi kosumennya sampai 2 Agustus mendatang. (Rudy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com