Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Cara Bayar Pajak Kendaraan Atas Nama Orang Lain | Harga SUV Bekas per Juli 2024 | Mazda Andalkan CX-3 di GIIAS 2024

Kompas.com - 08/07/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin tahu cara membayar pajak kendaraan atas nama orang lain. Tak sedikit juga yang ingin tahu harga SUV bekas pada Juli 2024.

Tak ketinggalan, banyak yang penasaran dengan Mazda CX-3 yang bakal hadir di GIIAS 2024. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Minggu (7/7/2024):

1. Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Atas Nama Orang Lain di Samsat

Syarat dan cara membayar pajak kendaraan orang lain di SamsatKOMPAS.com/ SELMA AULIA Syarat dan cara membayar pajak kendaraan orang lain di Samsat

Bagi pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan atau pengesahan STNK, serta pembayaran lima tahunan atau perpanjangan STNK.

Bahkan, kini pembayaran pajak tahunan bisa dilakukan secara online maupun offline di kantor Samsat. Sedangkan pajak lima tahunan perlu datang langsung ke Samsat. Namun, untuk pemilik yang berhalangan hadir ke Samsat untuk membayar pajak lima tahunan bisa diwakili orang lain.

Baca juga: Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Atas Nama Orang Lain di Samsat

2. Sejarah Bensin, Awalnya Dianggap Tak Berguna karena Kalah dari Minyak Tanah

Isi bensinFoto: Arbi Isi bensin

Bensin merupakan bahan bakar utama mesin pembakaran dalam atau ICE. Selama berabad-abad bensin adalah jantung industri otomotif. Tanpa bensin, mesin tidak bisa bekerja dan cuma jadi “seonggok” besi.

Bensin atau gasoline pertama kali ditemukan secara tidak sengaja sebagai produk sampingan limbah dari penyulingan minyak bumi untuk memperoleh minyak tanah yang digunakan untuk penerangan.

Baca juga: Sejarah Bensin, Awalnya Dianggap Tak Berguna karena Kalah dari Minyak Tanah

3. Harga SUV Bekas per Juli 2024, Mazda CX-5 mulai Rp 137 Jutaan

Inspeksi pembelian mobil bekasOtospector Inspeksi pembelian mobil bekas

Mobil di segemen sport utility vehicle (SUV) banyak diburu masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan. Dengan desain eksterior gagah dan ground clearance tinggi, SUV bisa dibilang sebagai kendaraan segala medan.

Selain mesin besar untuk menjaga ketangguhan, mobil SUV umumnya memiliki suspensi kokoh dan lebih nyaman sebab beban kendaraan lebih berat daripada mobil kecil lainnya.

Baca juga: Harga SUV Bekas per Juli 2024, Mazda CX-5 mulai Rp 137 Jutaan

4. Awas Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Tangerang sampai Pekan Depan

Ilustrasi Jalan Tol Jakarta-Tangerang bakal diperbaiki.Dok. Jasa Marga Ilustrasi Jalan Tol Jakarta-Tangerang bakal diperbaiki.

Jasa Marga kembali melakukan perbaikan jalan Tol Jakarta-Tangerang. Pekerjaan ini merupakan kegiatan rutin pengelola jalan tol berupa pekerjaan pemeliharaan perkerasan.

Selain itu, pekerjaan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, serta untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Tangerang sampai Pekan Depan

5. Mazda Andalkan CX-3 di GIIAS 2024

Mazda CX-3Mazda Indonesia Mazda CX-3

PT Eurokars Motor Indonesia, Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Indonesia, akan membawa CX-3 dalam gelaran GIIAS yang berlangsung dari 18-28 Juli 2024.

Mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) ini akan dihadirkan dengan penawaran menarik yang jadi gimik untuk menarik minat konsumen. Dari special sales deals, gratis dash cam recorder, dan lainnya.

Baca juga: Mazda Andalkan CX-3 di GIIAS 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau