Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karet di Bagasi Honda PCX Bisa untuk Tutup Tangki yang Macet, Amankah?

Kompas.com - 09/02/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX produksi di Indonesia lansiran akhir 2017 sampai saat ini pakai mesin 160cc punya posisi tutup tangki di bagian dek.

Selain tutuap tangki, ada lagi cover yang menutup jalur masuknya BBM ke tangki. Untuk membuka cover tersebut, bisa melalui tombol yang ada di samping kenop putar saat mau menyalakan mesin.

Seiring waktu, kadang ketika tombol sudah ditekan, sistem pembukanya macet. Jadi harus dicongkel lagi dengan jari agar bisa mengisi bahan bakar.

Baca juga: Modifikasi Vario 150, Akselerasi Naik Pakai Per CVT PCX

 

Tapi, ada solusi yang diberikan lewat video singkat di Facebook, diunggah oleh akun Kuah Plik.

Pada video tersebut, Kuah Plik mencoba trik membuka cover tangki yang sebelumnya sudah dilakukan dan berhasil.

Triknya, karet yang ada di bawah jok dipasang mengelilingi bagian dalam dari cover tutup tangki. Setelah dipasang, saat mau membuka tutup tersebut lewat tombol, maka langsung terbuka dengan lancar.

Menanggapi video tersebut, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, karet yang ada di di bawah jok tersebut bukan untuk memperlancar bukaan tutup saluran tangki.

Baca juga: Intip Bocoran Interior Daihatsu All New Ayla, Lebih Modern


"Karet itu fungsi nya buat mengikat tools kit di bawah jok," ucap Endro kepada Kompas.com, Kamis (9/2/2023).

Memang, di bawah jok Honda PCX ada kotak untuk tool kit. Jadi ketika jok ditutup, tool kit tidak menyatu dengan barang yang dibawa. Lalu apakah memasang karet tadi bisa berbahaya, Endro cuma bilang butuh analisa lebih lanjut.

Begitu juga yang dikatakan Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center. Fungsi dari karet tadi adalah penahan tool kit, jadi bukan peruntukannya saat digunakan di tempat lain.

"Kalau pertanyaannya aman enggak, yang jelas bukan peruntukannya," ucap Gofur.

Jadi solusi mengatasi tutup yang macet adalah dengan dibawa ke AHASS. Jadi sambil servis rutin, bisa minta bantuan mekanik untuk menyetel tutup tadi, sehingga kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com