Morino EV, Prototipe Mobil Listrik Pertama Pindad Bergaya Militer

Kompas.com - 03/11/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) membawa prototipe mobil listrik di Indo Defence Expo & Forum 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Mobil listrik tersebut punya nama Morino EV.

Azka Rizqi, Divisi Inovasi Departemen Pengembangan Kendaraan Khusus PT Pindad (Persero) menjelaskan, Morino EV menjadi merek kendaraan yang lebih sipil desainnya dibanding dengan Maung yang garang.

"Morino itu singkatan dari Mobil Rekacipta Indonesia, jadi untuk Morino EV ini pengembangan dari MV2," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Sertifikasi Uji Tipe Pindad Maung Terkendala Izin dari Toyota

Pindad Morino EV
KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino EV

Secara tampilan, aura Pindad Maung memang masih terasa pada Morino EV, tapi memang desainnya bisa dibilang lebih streamline. Bisa dilihat, bentuk mukanya berbeda jauh dari Pindad Maung, lampu juga sudah LED dengan grille bertuliskan Morino.

Bisa dilihat juga fender yang digunakan cukup lebar, memberi kesan garang dari Morino EV. Sedangkan di bagian pintu, memang masih terlihat sederhana, tidak banyak lekukannya.

Sedangkan di bagian belakang, fender juga dibuat lebar, seperti di depan. Desain bodinya juga sederhana dan terkesan tegas. Begitu juga model bumper yang kecil, mungkin untuk memudahkan manuver di tempat off-road.

Baca juga: Intip Spesifikasi, Fitur, dan Harga Honda WR-V di Indonesia

Pindad Morino EVKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino EV

Pada unit yang dipamerkan, Morino EV cuma diisi empat bangku, di bagian belakang cuma untuk bagasi. Secara desain interior memang masih sederhana, seperti mengambil dari berbagai mobil.

Untuk proses pembuatannya, Morino EV dibuat seutuhnya di Pindad. Mulai dari sektor konstruksi sampai ke bodi.

"Kita bikin di Pindad, kerja sama dengan beberapa fendor lokal," ucap Azka.

Mengenai spesifikasi lengkapnya, Morino EV menggunakan baerai NMC Prismatic Cell sebesar 43,8 kWh. Energi listrik tadi disalurkan ke motor yang ada di belakang dan menghasilkan tenaga 160 TK.

Hasilnya, Morino EV bisa melaju sampai 120 kpj dan punya jarak tempuh lebih kurang 170 Km. Untuk pengecasannya, dibutuhkan waktu 2 jam 30 menit (fast charging) atau 7 jam (AC).

Berikut spesifikasi dari Pindad Morino EV:

Berat Kosong: 2.900 Kg
Tenaga: 160 TK
Baterai: NMC Prismatic Cell 43,8 kWh, 292 V
Panjang: 4.850 mm
Lebar: 2.010 mm
Tinggi: 1.869 mm
Kecepatan puncak: 120 kpj
Range: 170 Km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.