Motor Pakai Ban Lebar Bikin Aman Menikung?

Kompas.com - 13/07/2021, 11:12 WIB
Saat menikung, sepeda motor terasa sangat stabil berkat setelan suspensi yang pas. JR for KompasOtomotifSaat menikung, sepeda motor terasa sangat stabil berkat setelan suspensi yang pas.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ban standar dengan ukuran lebih lebar dianggap dapat meningkatkan kemampuan sepeda motor ketika melibas tikungan.

Sebab dengan ban lebih lebar maka permukaan tapak ban yang menyentuh aspal juga lebih luas, sehingga daya cengkeram ban jadi lebih baik.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan ban lebih lebar memang membantu di tikungan.

Baca juga: PPKM Darurat, Pengamat Transportasi Minta Truk ODOL Ditindak Tegas

"Ketika kita menikung dengan menggunakan ban yang lebih lebar memang akan sangat membantu, karena tapakan ban ke bagian aspal menjadi lebih banyak sehingga kita tidak ragu saat kondisi motor pada posisi sangat miring," katanya kepada Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Pengendara motor Yamaha YZF-R15 yang menikung miring atau cornering di jalan raya dan terjatuhDok. @agoez_bandz4 Pengendara motor Yamaha YZF-R15 yang menikung miring atau cornering di jalan raya dan terjatuh

Selain meningkatkan daya cengkeram, kata Agus, tapak ban yang lebih lebar juga dapat meningkatkan kemampuan pengereman.

"Selain itu juga saat kita melakukan pengereman menjadi lebih efektif karena cengkraman karet ban lebih banyak saat di aspal," katanya.

Meski demikian kata Agus, bukan berarti dengan memakai ban lebar pengendara bisa sembarangan di tikungan.

Selain itu lebar tapak ban juga tidak memengaruhi kemampuan seseorang di atas motor. Memakai ban lebar tidak serta merta membuat seseorang langsung jago menikung.

Baca juga: PPKM Darurat, Pengamat Transportasi Minta Truk ODOL Ditindak Tegas

Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.Istimewa Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.

"Kalau dibilang menjadi lebih jago tergantung pada pengendaranya, karena setiap pengendara mempunyai keahlian yang berbeda saat menguasai motornya," katanya.

"Tetapi memang ban lebar membantu pengendara saat motor dalam keadaan miring," kata Agus.

"Saat kondisi miring di tikungan juga harus disesuaikan dengan kecepatan, jika motor di bawah 30 kpj maka tidak mungkin posisinya terlalu miring walau pakai ban lebar," katanya.

Selain itu kata Agus, jika mengganti ban stndar memakai ban lebar sebaiknya juga mengganti pelek. Tujuannya agar ban dapat "duduk" dengan pas di bibir pelek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.