Kompas.com - 23/02/2021, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2020, BMW Group Indonesia berhasil membukukan penjualan sebanyak 2.565 unit. Jumlah tersebut mengantarkan BMW sebagai brand premium terlaris berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Tak hanya itu, dengan penjualan yang terdiri dari 2.082 unit BMW dan 483 unit Mini tersebut, BMW Group Indonesia mengklaim sukses menutup tantangan substansial yang dikarenakan pandemi Covid-19. Secara global, sebanyak 2.324.809 unit kendaraan BMW, MINI, dan Roll-Royce yang telah dikirim ke pelanggan di seluruh dunia tahun lalu.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, pihaknya menanggapi pandemi Covid-19 dengan menyesuaikan strategi bisnis, beradaptasi dengan cepat, dan semakin berorientasi pada pelanggan.

Baca juga: BMW Menguasai Pasar Premium di Indonesia 2020, Kalahkan Mercedes-Benz

"Kami berhasil menutup tahun dengan hasil luar biasa dan mempertahankan posisi BMW Group Indonesia sebagai produsen otomotif. Berkat rangkaian penawaran BMW dan Mini, aktivitas digital inovatif, home service, kami berhasil mendorong keterlibatan pelanggan lebih intens," ucap Ramesh dalam keterangan resminya, Selasa (23/2/2021).

New BMW X3 sDrive20i - The IndependentBMW Group Indonesia New BMW X3 sDrive20i - The Independent

Lebih lanjut Ramesh mengatakan terlepas dari tantangan pandemi, pihaknya akan terus tingkatkan penjualan di 2021. Hal ini akan ditempuh dengan berbagai strategi, salah satunya peluncuran produk baru.

BMW Group Indonesia akan memperkenalkan lebih dari 20 varian model BMW dan Mini baru, bahkan lengkap bersama program menarik untuk penuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan di Tanah Air. Beberapa produk yang akan diluncurkan diklaim merupakan model yang cangih, termasuk dua sportcar dengan performa tinggi.

"BMW M3 Competition dan M4 Coupé Competition, dipastikan akan tingkatkan standar akan sebuah kendaraan sport, presisi, dan kelincahan secara keseluruhan. Para penggemar MINI, juga akan senang sekali menyambut empat model Mini terbaru, serta berbagai edisi khusus," kata Ramesh.

SUV dan Mini

Angin sejuk BMW pada 2020 juga tak lepas dari peran sport utility vehicle (SUV) atau kerap disapa sport activity vehicle (SAV). Secara keseluruhan SAV BMW menyumbang 52 persen dari total penjualan, diikuti dengan model BMW lainnya yang juga memimpin di segmennya, yakni adalah BMW Seri 7, BMW Seri 3, dan BMW X5.

BMW M3 ini hanya untuk ilustrasi.Worldcarfans BMW M3 ini hanya untuk ilustrasi.

Tiga model terlaris BMW pada tahun 2020 adalah BMW Seri 3, yang berkontribusi 29 persen dari total penjualan, BMW X1 21 persen, dan BMW X5 17 persen. Sedan legendaris BMW Seri 3 juga berada di puncak dengan dua varian, BMW 330i M Sport dan BMW 320i Sport, yang sekaligus merayakan 45 tahun kesuksesannya di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.