Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterangan Resmi Soal Mercy Wapres Diisi Bensin Pakai Jeriken

Kompas.com - 11/07/2020, 13:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar buka suara prihal rekaman video mobil VVIP berpelat nomor RI 2, yang sedang mengisi bahan bakar dari jeriken di pinggir jalan.

Menurut dia, rekaman peristiwa itu terjadi saat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020.

Adapun kendaraan dinas yang dikenakannya dalam video adalah Mercedes-Benz S-600 Guard yang beberapa waktu lalu resmi dipindahtangankan ke dirinya usai pelantikan.

Baca juga: Mobil Wapres Kehabisan Bensin, Ini Jarak yang Bisa Ditempuh Ketika Indikator Bensin E

Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).Fabian Januarius Kuwado Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," kata Oemar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/7/2020).

Dalam setiap rangkaian VVIP rombongan Waki Presiden, lanjut Oemar, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Maka, saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, kendaraan bisa menggunakannya. Tidak ada informasi spesifik mengenai lokasi tempat pengisian.

Baca juga: Ini Risiko Kerusakan Jika Mobil Terlalu Sering Kehabisan Bahan Bakar

"Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan tersebut," ujarnya.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," kata Oemar lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com