Keterangan Resmi Soal Mercy Wapres Diisi Bensin Pakai Jeriken

Kompas.com - 11/07/2020, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar buka suara prihal rekaman video mobil VVIP berpelat nomor RI 2, yang sedang mengisi bahan bakar dari jeriken di pinggir jalan.

Menurut dia, rekaman peristiwa itu terjadi saat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020.

Adapun kendaraan dinas yang dikenakannya dalam video adalah Mercedes-Benz S-600 Guard yang beberapa waktu lalu resmi dipindahtangankan ke dirinya usai pelantikan.

Baca juga: Mobil Wapres Kehabisan Bensin, Ini Jarak yang Bisa Ditempuh Ketika Indikator Bensin E

Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).Fabian Januarius Kuwado Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," kata Oemar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/7/2020).

Dalam setiap rangkaian VVIP rombongan Waki Presiden, lanjut Oemar, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Maka, saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, kendaraan bisa menggunakannya. Tidak ada informasi spesifik mengenai lokasi tempat pengisian.

Baca juga: Ini Risiko Kerusakan Jika Mobil Terlalu Sering Kehabisan Bahan Bakar

"Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan tersebut," ujarnya.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," kata Oemar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.