Begini Cara Menyetel Spion Tengah Biar Optimal

Kompas.com - 23/01/2020, 09:22 WIB
Kaca spion tengah jadi patokan visual belakang KOMPAS.comKaca spion tengah jadi patokan visual belakang

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya di sisi kanan-kiri mobil, kaca spion tengah di kabin  juga perlu diatur sebelum berkendara. Secara umum, spion berfungsi untuk memberikan pengemudi visibilitas yang lebih baik agar saat berkendara.

Spion tengah di interior tak hanya bisa memantau isi seluruh kabin dan kendaraan di belakang, tapi juga berguna saat mobil sedang mundur.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan, pengemudi untuk mengatur kaca spion sesuai dengan postur tubuh pengendara dan posisi mengemudi yang nyaman.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Tilang Elektronik untuk Pengendara Motor di Jakarta

Ilustrasi interior Toyota FortunerToyota Ilustrasi interior Toyota Fortuner

“Sebelum menyetel spion, atur dulu posisi berkendara Anda. Manfaatkan tuas reclining atau pengaturan maju-mundur, juga pengaturan ketinggian jok,” katanya kepada Kompas.com (22/1/2020).

Jika sudah mendapat posisi yang ideal untuk berkendara, arahkan penglihatan spion tengah dengan menekan kaca ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Usahakan ketika mata melihat spion, kepala tidak banyak bergerak.

“Pastikan dapat melihat posisi belakang mobil, agar kita dapat mengetahui jarak belakang mobil dengan kendaraan lain,” ujar Deni.

“Selain itu, spion tengah juga membantu pengemudi untuk melihat belakang saat mobil hendak mundur, misalnya saat parkir. Jadi bisa mengetahui jarak mobil dengan tembok atau objek yang berada di belakang,” ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X