Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru, Rental Mobil Laris Manis

Kompas.com - 23/12/2019, 16:42 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com- Musim libur Natal dan Tahun Baru 2020 memberikan berkah tersendiri bagi para pemilik rental mobil. Menjelang Natal dan Tahun Baru ini pemesanan mobil mengalami peningkatan yang cukup tinggi hingga mencapai 50 persen.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh salah satu pemilik rental mobil di Solo, Goedang Transport, Oky Orlando. Oky mengatakan, saat musim liburan banyak masyarakat yang menyewa mobil ingin menghabiskan liburan.

“Peningkatan pemesanan mencapai 50 persen. Sekarang saja pemesanan sudah cukup banyak dan sudah full ini,” terangnya saat dihubungi KOMPAS.com, Senin (23/12/2019).

Oky menambahkan, untuk musim libur kali ini kebanyakan pada pemesan mobil bukanlah warga yang berdomisili di Solo. Mereka yang tengah berlibur atau mudik ke Solo dan ingin berwisata.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Nyaman Diakses Rental Mobil Bandung

“Kebanyakan yang pesan mobil itu adalah orang yang selama ini bekerja di Jakarta. Kemudian mereka balik ke Solo untuk berlibur dan berwisata,” ujarnya.

Untuk penyewaan mobil, Oky menyampaikan, biasanya sudah dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak kehabisan mobil.

Salah satu rental mobil di Jepang.NIKKEI Salah satu rental mobil di Jepang.

“Kebanyakan para pemesan ini sudah melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari. Baru nanti dipakainya kapan lalu dibawa,” katanya.

Sementara untuk model penyewaan, Oky mengatakan, selama ini pihaknya tidak lepas kunci. Dalam artian, saat penyewa menyewa mobil sudah termasuk sopir dan juga BBM.

“Kalau untuk yang baru menyewa, kami biasanya tidak lepas kunci. Dan hitungannya sewa tidak lagi 12 atau 24 jam, tetapi per day atau hari,” katanya.

Baca juga: Tarif Naik, Pemilik Rental Mobil Tetap Kebanjiran Order

Dengan hitungan tersebut akan lebih memudahkan dalam sistem persewaan mobil. Pasalnya, jika masih memberlakukan waktu sewa dengan hitungan jam menurutnya terlalu ribet.

“Apalagi saat musim libur Natal dan Tahun Baru seperti ini. Jadi saya menerapkannya adalah per day, tidak tahu kalau rental yang lainnya,” ujarnya.

Penyedia jasa penyewaan mobil yang berada di Jalan Kalibata Raya.Ghulam Penyedia jasa penyewaan mobil yang berada di Jalan Kalibata Raya.

Disinggung mengenai jenis mobil yang paling laris, Oky menyampaikan, jenis Toyota Innova, dan juga Avanza.

“Kami sebenarnya juga menyediakan jenis yang lain, seperti Xpander, Alphard, Camry, dan yang lain. Tapi yang paling banyak dipilih jenis Innova dan Avanza,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com