Bangun Yamaha XSR155 dari V-Ixion, Jauh Lebih Murah Daripada Beli Baru

Kompas.com - 03/12/2019, 18:02 WIB
Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155 IstimewaCustom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha XSR155 dibangun dari basis MT-15 yang tidak juga jauh berbeda dengan V-Ixion. Desainnya yang retro membuat motor ini jadi seperti motor custom. Artinya, sangat mungkin untuk membangun XSR155 dari basis V-Ixion.

Model sasis yang digunakan tetap sama, yakni model deltabox. Posisi mesinnya menggantung, tanpa ada penahan di bagian bawahnya. Ini juga yang menjadi ciri khas dari V-Ixion.

Baca juga: Yamaha XSR155 Ibarat Motor Custom tapi Pabrikan

Andi Akbar, builder Katros Garage, mengatakan, ubahan yang dilakukan untuk membuat motor custom seperti XSR155 dari basis V-Ixion tidaklah banyak. Budget yang disiapkan juga menurutnya tidak besar.

Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155Istimewa Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155

"Cukup ganti bagian tangki bahan bakar, pelek atau kaki-kakinya, dan juga bagian jok," ujar pria yang juga akrab disapa Atenx, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155Istimewa Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155

Atenx menambahkan, untuk bagian sasisnya mungkin perlu dilakukan sedikit ubahan atau penyesuaian. Sebab, sasis bagian belakang sedikit naik. Sedangkan, posisi jok pada XSR155 dibuat rata.

Baca juga: Motor Custom Yamaha XSR155 di Thailand dengan Tiga Konsep

Atenx mengatakan, untuk meng-custom V-Ixion menjadi seperti XSR155, budget yang perlu disiapkan tidak lebih dari Rp 10 juta, untuk mengganti tangki, jok, dan bagian kaki-kaki. Pasaran motor bekas V-Ixion tahun 2014 sekarang ini ada di kisaran Rp 14 jutaan.

Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155Istimewa Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155

Itu berarti butuh siapkan budget sekitar Rp 24 jutaan untuk membangun V-Ixion menjadi seperti XSR155. Sedangkan harga XSR155 sendiri, dibanderol Rp 36.265.000 (OTR Jakarta).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X