Bocoran Model Hyundai yang Siap Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 27/11/2019, 12:42 WIB
- --
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAs.com - Hyundai Motor Company (HMC) siap membangun pabrik di Indonesia. Rencananya, pada Desember nanti proses pembangunannya akan dimulai dan ditargetkan pada paruh kedua 2021 sudah siap beroperasi.

Seperti diketahui, untuk produksinya, HMC diklaim akan membuat SUV kompak, MPV kompak, beberapa sedan, bahkan sampai mengembangkan mobil listrik. Semua unit tersebut akan disajikan baik untuk pasar domestik dan ekpor ke beberapa negara.

Lantas apa model MPV dan SUV kompak yang akan nantinya akan diproduksi oleh HMC saat pabriknya di Cikarang, Jawa Barat sudah mulai beroperasi ?

Baca juga: Siap Bangun Pabrik, Ini Strategi Hyundai Bersaing di Tanah Air

Menjawab soal ini, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja, mengatakan bila hal tersebut masih menjadi kewenangan prinsipal. Namun dipastikan bila semua modelnya adalah produk baru.

Presiden Jokowi dan Hyundai Motor Company usai menandatangi MoU di Korea Selatan Presiden Jokowi dan Hyundai Motor Company usai menandatangi MoU di Korea Selatan

"Itu ranahnya prinsipal, kita tidak bisa jawab soal itu. Tapi garis besarnya, semua model tadi yang sudah direncankan bakal diproduksi di Indonesia adalah model-model baru, benar-benar baru," kata Hendrik saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut Hendrik menjelaskan bila konsentrasi pabrik di Indonesia memang akan mengarah untuk produk-produk baru Hyundai. Bahkan pabrik ini akan menjadi salah satu basis produksi merek asal Korea Selatan tersebut untuk penyebaran produknya ke pasar ASEAN.

Baca juga: Akhirnya Hyundai Siap Bangun Pabrik di Cikarang

-- -

Namun sayangnya, Hendrik belum bisa bicara banyak soal rencana ke depan. Bahkan ketika ditanya soal produk MPV kompak yang dimaksud apakah akan mengarah ke model untuk bersaing dengan di segmen low MPV, Hendrik juga masih enggan untuk membicarakannya.

"Dalam keterangannya sudah dijelaskan bila akan membuat MPV dan SUV kompak, artinya mungkin bisa berada di segmen medium atau low. Modelnya apa dan bagaimana itu nanti dari pusat langsung," ucap Hendrik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X