BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan belimobilgue.co.id

Wajib Tahu, Ini Tips Penting Jual Mobil dengan Harga Tinggi

Kompas.com - 19/11/2019, 09:06 WIB
Ilustrasi jual beli mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi jual beli mobil

KOMPAS.com – Beberapa minggu ke depan musim liburan akhir tahun akan segera tiba. Biasanya, jelang pergantian tahun banyak orang akan menentukan resolusi yang hendak dicapai pada masa mendatang.

Ada yang ingin jalan-jalan ke negara favorit, memiliki rumah impian, atau bahkan ingin mengganti mobil lama ke mobil baru. Semuanya bisa dicapai, asalkan punya strategi jitu guna mewujudkannya.

Ambil contoh bila Anda ingin mengganti mobil. Sebelum mendapatkan atau membeli mobil baru, Anda harus terlebih dahulu menjual mobil lama. Nah, agar harga mobil lama tidak jatuh drastis maka mobil tersebut butuh perhatian khusus.

Selain itu, ada baiknya jangan sampai menunggu tahun depan untuk menjual mobil lama, sebab harganya akan turun. Oleh karena itu, manfaatkan masa-masa sebelum pergantian tahun untuk menjual mobil.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, silakan simak ulasan Kompas.com berikut.

1. Perhatikan eksterior dan interior

Menjaga kebersihan interior dan eksterior mobil menjadi hal utama yang harus diperhatikan bila Anda ingin menjaga harga jual tetap tinggi.

Untuk interior, ada baiknya Anda tetap menjaga kondisi keaslian bahan dan komponennya. Melansir Kompas.com, Sabtu (14/9/2019), Anda bisa menggunakan obat atau cairan khusus untuk merawat komponen-komponen pada interior mobil.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan cairan chamois guna merawat jok bahan kulit. Sedangkan, untuk bagian karpet mobil sebaiknya selalu dikeluarkan dan dibersihkan saat mencuci mobil. Selain menghindari lembab, cara ini dilakukan supaya kabin terasa lebih segar.

Kemudian untuk eksterior, Anda harus rajin mencucinya dalam kondisi apapun. Hal ini untuk menghindari debu terlalu lama menempel di badan mobil dan bisa memudarkan cat. Selain dicuci, eksterior mobil juga bisa dipoles dengan terapi anti-kusam menggunakan cairan khusus.

2. Riwayat servis berkala

Bukti data perawatan atau servis mobil juga bisa menjadi acuan harga yang akan ditawarkan pembeli. Perlu diketahui, riwayat pemeliharaan kendaraan terbaik adalah melalui bengkel resmi.

Pasalnya, dari bengkel resmi tercatat berapa kali mobil masuk bengkel, sejarah kerusakan dan perbaikan, serta daftar komponen apa saja yang pernah diganti.

Hal itulah yang membuat harga mobil bekas tetap tinggi, sebab pemilik selanjutnya dapat mengetahui informasi berharga mengenai mobil yang hendak dibeli.

3. Jangkauan kilometer

Ada pula beberapa orang atau dealer yang memperhatikan jarak kilometer atau odometer bila ingin membeli mobil bekas. Biasanya, mobil yang masih memiliki jarak lebih sedikit akan dibanderol lebih tinggi dibandingkan mobil yang telah menempuh lebih banyak jarak.

Pasalnya, banyak pembeli beranggapan kerja mesin mobil belum terlalu berat jika mobil bekas memiliki jarak tempuh sedikit.

4. Pajak kendaraan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kelengkapan surat dan pajak kendaraan. Adapun kelengkapan surat yang harus dipersiapkan meliputi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Selain itu, pastikan juga bahwa masa pakai pajak mobil yang hendak Anda jual masih panjang.

Hal ini berguna karena mobil yang memiliki masa lebih panjang akan dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang pajaknya akan habis.

5. Jual di tempat terpercaya

Setelah Anda melengkapi empat persyaratan di atas, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah memilih tempat atau jasa jual mobil terpercaya. Perhatikan track record dari tempat tersebut dan pahami bagaimana alurnya.

Perlu diketahui, pada era digitalisasi seperti sekarang ini sudah banyak tempat atau jasa jual mobil berbasis online, seperti BeliMobilGue.co.id.

BeliMobilGue.co.id merupakan salah satu media untuk menjual mobil dengan cara yang cepat, aman, dan nyaman. Pertama-tama, pelanggan dapat mendaftarkan mobilnya pada laman resmi untuk mendapatkan estimasi harga dan pemilihan lokasi inspeksi.

Setelah dilakukan inspeksi mobil, BeliMobilGue.co.id akan menawar dengan harga sesuai kondisi mobil. Proses ini biasanya hanya berlangsung selama satu jam.

Selain itu, saat ini BeliMobilGue.co.id juga sedang mengadakan program Year End Promo bagi Anda yang ingin menjual mobil di sana. Adapun beberapa doorprize-nya meliputi 4 Toyota Avanza, 10 Samsung S10, dan 25 emas 10 gram.

Tentu hal tersebut akan menjadi keuntungan bagi Anda yang hendak mengganti mobil lama ke mobil baru. Selamat mencoba!

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya