Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kamera ETLE Siap Beroperasi di Jalur Transjakarta Pasar Minggu

Kompas.com - 25/09/2019, 08:32 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya akan memperluas jangakauan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) bukan cuma di jalan tol, namun sampai jalur Transjakarta.

Rencananya, Oktober 2019, dua kamera ETLE akan ditempatkan di jalur Transjakarta yang melintas antara Pasar Minggu hingga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"Sudah dua titik yang positif. Mereka (PT Transjakarta) menyetujui, kita pun juga demikian. Jalan koridor mulai dari Pasar Minggu sampai ke arah Mampang Prapatan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir, yang dikutip dari ntmcpolri.info, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Polisi Segera Pasang Kamera Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta

Lebih lanjut Nasir mengatakan, kamera ETLE tersebut memiliki kemampuan mengindentifikasi pengendara sepeda motor maupun mobil yang melanggar lalu lintas dengan menorobos masuk ke jalur Transjakarta.

Belum semua wilayah yang masuk ke dalam  kawasan yang diawasi CCTV dalam program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dipasangi rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) tilang elektronik. Pantauan Kompas.com, dari empat lokasi penerapan tilang elektronik, baru persimpangan Sarinah dan Bundaran Senayan yang telah dipasangi RPPJ. Sementara dua wilayah lainnya yaitu Bundaran Patung Kuda dan simpang Harmoni belum terlihat adanya RPPJ, Selasa (2/10/2018).KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Belum semua wilayah yang masuk ke dalam kawasan yang diawasi CCTV dalam program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dipasangi rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) tilang elektronik. Pantauan Kompas.com, dari empat lokasi penerapan tilang elektronik, baru persimpangan Sarinah dan Bundaran Senayan yang telah dipasangi RPPJ. Sementara dua wilayah lainnya yaitu Bundaran Patung Kuda dan simpang Harmoni belum terlihat adanya RPPJ, Selasa (2/10/2018).

Selain dari pada itu, kamera tersebut juga mampu mendeteksi beberapa pelanggara lain yang dilakukan pengendara. Seperti tidak menggunakan safety belt, memainkan ponsel, serta melanggar marka jalan.

"Khusus kamera ETLE di Transjakarta mengejar pertama adalah sterilisasi. Tapi kalau pelanggaran lalu lintasnya sama (dengan kameran ETLE sebelumnya yang terpasang di Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin," ucap Nasir.

ETLE Jalan Tol

Sementara untuk di jalan tol, sebelumnya sudah diutarakan bakal ada 10 kamera ETLE yang siap memantau pelanggar lalu lintas di ruas Tol Jabodetabek pada Oktober mendatang.

Baca juga: Fitur Canggih Kamera Tilang Elektronik di Jalan Tol

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

Dua kamera akan dipasang di ruas Tol Jagorawi/Cibubur pada kedua arah, lalu dua lagi di Tol Jakarta-Cikampek yang juga pada kedua arah. Kemudian satu di Tol Jakarta-Tangerang.

Satu titik kamera lainnya di ruas Tomang-Bandara atau Prof.Sedyatmo. Setelah itu berlanjut satu titik di Ruas Tol Dalam Kota (Cawang-Tomang), satu di ruas Tol JORR (Rorotan-Cikunir), satu di Gerbang Tol Semanggi 1, dan terakhir di Gerbang tol Kuningan 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.