Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomobil Resmi Ambil Kia, Siap Beroperasi Bulan Depan

Kompas.com - 19/09/2019, 14:13 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha resmi menjadi agen pemegang merek (APM) Kia di Indonesia. Perusahaan patungan Indomobil Sukses Internasional (60 persen) dan Sarimitra Kusuma Ekajaya (40 persen) tersebut kini sedang menyiapkan berbagai hal untuk bisa segera memulai bisnisnya.

Perpindahan ini resmi dilakukan pada 17 Mei 2019 setelah Kia melepaskan diri dari Kia Mobil Indonesia (KMI) yang selama ini menjadi APM dan importir produsen otomotif asal Korea Selatan tersebut di dalam negeri sejak 17 April 2000.

Direktur Utama Indomobil Jusak Kertowidjojo menjelaskan Kia dipilih karena sudah memiliki sejarah di Indonesia. Jadi, walaupun terlahir dari awal lagi, mereknya sudah cukup familiar.

 Baca juga: Gelagat Indomobil Caplok Kia di Indonesia

PT KIA Mobil Indonesia mengenalkan All New Carens untuk media di Jakarta, Rabu (29/5/2013). Kendaraan keluarga ini mengusung mesin generasi baru NU 2.0L DOHC Dual CVVT dengan pilihan transmisi manual dan matik. Untuk varian manual akan dibanderol dengan harga dibawah Rp 250 juta.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI PT KIA Mobil Indonesia mengenalkan All New Carens untuk media di Jakarta, Rabu (29/5/2013). Kendaraan keluarga ini mengusung mesin generasi baru NU 2.0L DOHC Dual CVVT dengan pilihan transmisi manual dan matik. Untuk varian manual akan dibanderol dengan harga dibawah Rp 250 juta.

"Kia akan datang dari awal lagi, sebagai merek baru di bawah Indomobil. Saat ini kami sedang menyiapkan berbagai hal mulai dari ranah Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, dan sebagainya. Prosesnya dari awal selayaknya APM baru," ucap Jusak saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Segala proses tersebut direncanakan bisa selesai pada Oktober 2019 mendatang. Sehingga, Kia bisa langsung melakukan bisnisnya di tanah air.

Baca juga: Hyundai Ingin Buat Pabrik di Indonesia, Bagaimana Kia?

Kia Mobil Indonesia menggelar lomba irit untuk Picanto Club Indonesia.Indra Prabowo Kia Mobil Indonesia menggelar lomba irit untuk Picanto Club Indonesia.

"Perkembangan terkini, prosesnya sudah hampir selesai. Mungkin, akhir bulan depan sudah semua, kita usahakan seperti itu," katanya.

Jusak menyatakan bahwa kehadiran Kia nanti bakal menarik. "Salah satunya akan ada model baru. Tapi saya tidak bisa katakan sekarang," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com