Moeldoko Ingin Transportasi Umum Pakai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 09/09/2019, 08:21 WIB
Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpres Nomor 55 Tahun 2019 membuka jalan percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Namun Perpres tersebut bicara mobil listrik, sedangkan pemain otomotif digadang lebih siap mobil hybrid.

Menanggapi hal tersebut, Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI, mengatakan, peta jalan soal mobil hibrid dan full electric, lebih cocok untuk skema mobil pribadi, sedangkan kalau kendaraan umum bisa langsung ke listrik murni.

Baca juga: Anak Muda Indonesia Masih Pesimis Hadapi Era Kendaraan Listrik

"Road map melalui apa itu hibrida, plug in hybrid kemudian murni listrik itu untuk mobil pribadi. Tapi untuk mobil umum, transportasi umum, menurut saya tidak perlu, langsung loncat ke murni. Saya sudah buktikan langsung loncat ke mobil listrik murni," kata Moeldoko di Balai Kartini, belum lama ini.

Bus listrik MAB resmi dipasarkan Bus listrik MAB resmi dipasarkan

Pendiri PT Mobil Anak Bangsa (MAB), salah satu penyedia bus listrik untuk TransJakarta ini mengatakan, saat ini pihaknya juga sedang mengembangkan motor listrik sendiri.

Baca juga: Wacana Pembatasan Mobil Tua Sudah Ada Dari Dulu

"Kemandirian mobil listrik ke depan, saya sedang mengembangkan riset untuk motor listrik, karena motor itu salah satu komponen utama, baterai sudah ada yang kembangkan, kita kembangkan motor supaya tidak perlu impor lagi ke depan," kata Moeldoko.

Moeldoko mengatakan, bus listrik MAB sudah lolos homologasi dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian, dan akan segera diproduksi massal dalam waktu dekat.

Bus listrik MAB akan digunakan oleh TransJakarta, PPD serta alat transportasi bus-bus di bandara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X