Suzuki Hayabusa, Legenda Motor Terkencang di Dunia

Kompas.com - 16/08/2019, 14:01 WIB
Suzuki Hayabusa Oni FaristiwaSuzuki Hayabusa
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-19 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa motor ikonik Suzuki GSX1300R atau yang lebih dikenal sebagai Suzuki Hayabusa.

Superbike Jepang yang selama belasan tahun menyandang motor tercepat di dunia.

Sejarah Hayabusa dimulai pada tahun 1999. Kala itu Suzuki ingin membuktikan diri bisa membuat motor kencang dan canggih.

Koji Yoshiruan pun ditunjuk untuk mengembangkan Hayabusa dengan satu tujuan, menjadi motor terkencang.

Baca juga: Royal Enfield Classic 500 Pegasus, Motor Limited yang Diwarnai Protes

Suzuki HayabusaOni Faristiwa Suzuki Hayabusa

Hayabusa lahir dari pabrik Suzuki di Toyokawa, Aichi, Jepang. Motor ini mengusung sasis yang sangat rigid model twin spar dan dipersenjatai jantung 1.300 yang dikembangkan khusus untuk meminimalisir getaran.

Sejak meluncur, Hayabusa yang diambil dari nama burung elang itu langsung jadi jagoan balap, tapi bukan balapan road race melainkan balap drag alias balapan lurus. Terutama di Amerika Serikat di panggung NHRA.

Penggemar Hayabusa pun tersebar di seluruh dunia. Bentuknya yang futuristik buat ukuran superbike jadi salah satu daya tarik utama.

Memang bentuknya tidak bisa mengakomodir semua orang. Pilihannya hanya dua, suka atau tidak suka.

Baca juga: Ural Ambassador Motor Perang Edisi Khusus 75 Tahun

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun pernah membawa Hayabusa ke Indonesia. Kala itu peluncurannya digelar dengan beberapa moge lain Suzuki. Namun sayang penjualannya kurang. Bahkan sempat dilelang pada 2017 buat menghabiskan stok.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X