Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Lebih Dekat Ubahan Honda RCV Terbaru yang Dipakai Marquez

Kompas.com - 07/05/2019, 13:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JEREZ, KOMPAS.com - Setelah balapan seri keempat MotoGP 2019 selesai, sebagian pebalap tidak langsung pulang. Mereka harus menjalani sesi tes resmi yang sangat penting.

Hal itulah yang dilakukan Marc Marquez pada hari pertama sesi tes resmi di Jerez, Spanyol, Senin (6/5/2019). Pebalap Repsol Honda ini menghabiskan hari pertama dengan melakukan tes pada RC213V terbaru.

Baca juga: Marquez Jajal Motor Baru di Sesi Tes Jerez

Perlu diketahui, RC213V ini adalah motor tes yang selalu digunakan Stefan Bradl. Termasuk saat Bradl finish di posisi kesepuluh pada saat balapan seri keempat beberapa hari yang lalu di Jerez.

"Saya meraih catatan waktu terbaik dengan motor Bradl. Saya melakukannya sekali dengan ban bekas dan sekali lagi dengan ban baru. Hasilnya positif, karena kami memahami banyak hal," ungkap Marquez yang melahap 75 lap selama sesi tes tersebut.

Baca juga: Sesi Tes Jerez, Marquez Ungkap Kelemahan Motornya

Masih ada beberapa kekurangan atau hal negatif dari motor tersebut. Marquez mengatakan hasil yang positif karena apa komentarnya senada dengan Bradl yang merupakan test rider Honda.

Honda RC213V terbaru menggunakan sasis yang diperkuat lapisan serat karbon.Offbikes Honda RC213V terbaru menggunakan sasis yang diperkuat lapisan serat karbon.

RC213V ini memiliki beberapa ubahan dibanding dengan yang dipakai Marquez untuk balapan. Ubahan yang paling terlihat, selain livery, ada pada sasisnya. Sasis motor ini diperkuat dengan lapisan serat karbon. Sementara sasis motor Marquez, sepenuhnya aluminium.

Sasis model ini berguna untuk menambah tingkat kekakuan atau rigiditas yang lebih tinggi dibandingkan sasis aluminium. Namun, bisa juga ini menjadi sinyal bahwa Honda akan mengarah kepada penggunaan sasis full carbon.

Bagian belakang RC213V terbaru terdapat tambahan kotak seperti pada motor Ducati.Offbikes Bagian belakang RC213V terbaru terdapat tambahan kotak seperti pada motor Ducati.

Sasis full carbon bukan berarti sepenuhnya kaku. Justru sasis model ini bisa memberikan fleksibilitas sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari pebalap.

Ubahan terakhir ada di bagian belakangnya yang mirip Ducati. Terdapat tambahan kotak kecil di bagian bawah buritan. Sementara, masih belum jelas apa isi dari kotak tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com