Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dukung Modifikasi, Bukan Sekadar "Fashion", tapi Juga Fungsi

Kompas.com - 17/11/2018, 17:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 resmi dimulai Sabtu (17/11/2018). Pameran modifikasi ini menampilkan beragam karya modifikasi anak bangsa dengan beragam aliran.

Pameran ini juga mendapat sambutan dari pemerintah. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto turut menyambut baik industri modifikasi yang bisa jadi penopang ekonomi Indonesia.

"Pameran ini mendorong generasi milenial untuk ikut berkarya. Tapi harapannya modifikasi ini tidak sekedar fashion saja, tampilan, tapi juga mengedepankan fungsi," ucap Harjanto dalam sambutan pembukaan IMX.

Fungsi yang dimaksud Harjanto adalah turun mengedepankan target pemerintah untuk menciptakan kendaraan rendah emisi. Diharapkan kepada 6.000 anggota modifikator yang tergabung dalam National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) ikut mengedepankan tema ramah lingkungan pada karya-karya mereka.

Baca juga: PR Besar Para Modifikator ”Honda Modif Contest

"Kita negara yang sudah komit untuk berperan pada penurunan emisi sebanyak 29 persen. Kita harus bantu lingkungan juga target yang harus didorong ke depan. Pemerintah juga siap memberikan fasilitas apa saja yang dibutuhkan para perusahaan start up, jadi semua diproduksi di dalam negeri tidak hanya impor," ucap Harjanto.

Harjanto menjelaskan bisa saja fasilitas yang diberikan pada modifikator dalam negeri ini contohnya seperti tax holiday dan tax allowance.

Nantinya tujuan utama peningkatan industri otomotif akan mendorong ke arah ekspor yang lebih besar. Harjanto mengungkapkan ini termasuk dalam desain besar industri, Making Indonesia 4.0.

"Otomotif sendiri sudah masuk dalam skema 4.0. Kita akan mendorong industri ini lebih tumbuh lagi. cuma memang kita harapan juga ada yang mendukung LCEV, tidak hanya fashion tapi juga fungsi. Kita harap inovasi terus tumbuh dan akan memberikan daya saing dari produk lokal," ujar Harjanto.

Pameran IMX 2018 diselenggarakan selama dua hari, Sabtu (17/11/2018) sampai Minggu (18/11/2018). Selain modifikasi juga ada penjualan suku cadang modifikasi bagi para penggemar oprek kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com