BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Hyundai

Biar Tak Biasa, Ganti Lampu Mobil Standar dengan Pilihan Berikut

Kompas.com - 15/10/2018, 13:13 WIB
Ilustrasi lampu kendaraan SHUTTERSTOCKIlustrasi lampu kendaraan
|

KOMPAS.com – Ada beragam cara untuk membuat mobil Anda menawan. Salah satu cara sederhana, misalnya dengan mengganti lampu standar dengan lampu yang tersedia di pasaran.

Melansir GridOto.com, Rabu (4/10/2017), terdapat setidaknya tiga jenis lampu yang bisa dipakai untuk mempercantik mobil, yaitu halogen, HID (high intensity discharge), serta LED (light emitting diode).

Berikut karakteristik dari masing-masing lampu tersebut:

1. Halogen

Lampu halogen merupakan salah satu jenis lampu favorit untuk suatu mobil. Lampu itu berisi filamen atau kawat pijar, serta dapat beroperasi pada suhu tinggi.

Dengan kekuatan intensitas cahaya yang dimiliki, lampu halogen biasanya dipakai untuk mobil dengan daya jelajah luas.

Hanya sayangnya, lampu dengan harga relatif terjangkau itu membutuhkan daya listrik besar sehingga dapat menguras aki.

Nah, kalau Anda menggunakan lampu halogen sebagai penerangan di mobil, ingatlah untuk tidak memegangnya pada bagian kaca bohlam.

Sebab, kaca bohlam halogen dapat terpapar bekas minyak yang membuat suhunya lebih dingin. Efek lanjutannya adalah pancaran lampu halogen bakal menurun.

Karena itulah, pastikan Anda selalu menggunakan alat bantu seperti kain lembut atau tisu ketika memasang lampu halogen. Kalau pun mesti memakai tangan, peganglah sisi pangkalnya.

2. HID

Lampu jenis HID (high intensity discharge) telah hadir di pasaran sejak era 1990-an. Sumber cahaya bohlam HID berasal dari gas xenon. Gas tersebut akan menyala ketika dialiri listrik, sama halnya dengan lampu neon.

Cahaya sinar HID lazimnya jauh lebih terang dibandingkan lampu standar. Dengan begitu, melalui lampu HID, pengendara dapat lebih jelas melihat jalan yang akan dilalui. Utamanya saat malam hari atau tempat minim penerangan.

Jangan lupa perhatikan hal penting ini saat memasang lampu HID. Ketika lampu depan diganti dengan HID, maka kaca, mika, dan reflektor juga mesti diganti bersamaan. Seumpama hanya mengganti bohlamnya, intensitas cahaya lampu bakal menjadi kurang maksimal.

3. LED

Lampu LED (light emitting diode) adalah jenis lampu yang semakin marak dipakai pada industri otomotif. Lampu tipe ini cenderung awet karena dipancarkan oleh komponen elektronik bernama diode.

Lampu LED dapat disebut sebagai lampu masa depan bagi suatu mobil. Selain hemat listrik, LED dapat mendongkrak penampilan mobil sehingga terlihat mewah.

Pada mobil-mobil baru, LED telah dijadikan standar untuk lampu daytime running light (DRL) atau pun lampu belakang. Hal itu seperti melekat pada New Hyundai H-1 2018 yang diproduksi produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai.

Selain lampu yang sudah mengadopsi LED, mobil tersebut juga memiliki pembaruan desain new chrome-coated radiator grille dan new alloy wheel.

Tak hanya eksteriornya, sisi interior pun mengalami pemutakhiran. Kini, jok penumpangnya memiliki model kulit terbaru serta dilengkapi row swivel seat yang membuat jok baris kedua dapat berputar 180 derajat.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya