Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Custom Baru Jokowi, Simak Detail Ubahannya

Kompas.com - 26/08/2018, 07:23 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo lagi menyiapkan sepeda motor modifikasi custom terbaru. Kali ini modelnya tracker yang menggunakan basis Kawasaki W175.

Proses pengerjaannya diserahkan ke bengkel Katros Garage yang bermarkas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Melalui akun youtube, sang pemilik bengkel, Andi "Atenx" Akbar membeberkan detail ubahan yang dilakukannya terhadap motor sang presiden.

Dari bagian depan, suspensi asli bawaan pabrik diganti dengan model upside down milik Yamaha Xabre. Mengenai ubahan yang satu ini, Atenx menyebut pada awalnya pihaknya menggantinya dengan suspensi milik Yamaha Byson. Namun suspensi ini tidak cocok jika dipasangi ban berukuran besar.

"Awalnya pakai punya Byson tapi enggak muat. Akhirnya pakai upside down Xabre," kata Atenx melalui video yang diunggahnya pada Jumat (24/8/2018).

Baca juga: Bosan Model Chopper, Jokowi Pesan Motor Tracker

Motor custom berbasis W175 yang dikerjakan bengkel modifikasi Katros Garage. Setelah jadi, motor tersebut kemudian dihantar ke Istana Bogor yang jadi salah satu kediaman resmi Presiden Joko Widodo.Instagram/Katros Garage Motor custom berbasis W175 yang dikerjakan bengkel modifikasi Katros Garage. Setelah jadi, motor tersebut kemudian dihantar ke Istana Bogor yang jadi salah satu kediaman resmi Presiden Joko Widodo.

Ban kembang klasik merek Shinko tipe E270 yang dipakai di motor custom terbaru Jokowi ini memang relatif besar, yakni berukuran 500-16 baik di bagian depan maupun belakang. Hanya saja, bagian depan menggunakan ukuran 3 inchi, sedangkan belakangnya 3,5 inchi.

Karena menggunakan ban ukuran besar dan mengusung model tracker, sepatbor asli depan harus dicopot. Sebagai gantinya, dipasang spatbor minimalis yang merupakan part custom dari Katros.

Lampu depan juga diganti dengan ukuran yang lebih kecil. Namun tetap menggunakan bentuk bulat. Sementara itu, untuk bagian jok, Katros mengganti jok asli dengan jok kulit custom dengan motif khas retro. Untuk kelengkapan berkendara, terpasang pula spion, stoplamp, dan sein yang seluruhnya produk aftermarket.

Walau sebagian besar bagian asli motor diganti, masih ada beberapa bagian lainnya yang tetap dipertahankan, seperti pada tangki dan body. Namun tetap ada sentuhan modifikasinya. Seperti pembuatan tiga garis horizontal di bagian penutup body.

Baca juga: Motor Custom W175 Diantar ke Istana Bogor, Punya Jokowi?

Emblem bertuliskan JOKOWI yang terpasang di bagian tangki motor custom Kawasaki W175 bergaya tracker garapan bengkel Katros Garage. Motor ini merupakan pesanan dari Presiden Joko Widodo.Youtube/Andi Atenx Akbar Emblem bertuliskan JOKOWI yang terpasang di bagian tangki motor custom Kawasaki W175 bergaya tracker garapan bengkel Katros Garage. Motor ini merupakan pesanan dari Presiden Joko Widodo.

Agar membuat motor ini lebih eksklusif, Katros juga memasang emblem bertuliskan Jokowi pada bagian tangki. Atenx menyebut pemasangan emblem tersebut merupakan permintaan langsung dari Jokowi.

Tak hanya itu, Katros juga memodifikasi sedikit posisi rantai. Tujuannya agar putaran rantai tidak bergesekan dengan ban saat motor dikendarai.

"Gue enggak bisa membayangkan saat motor itu lagi dipakai Pak Jokowi, terus rantainya copot. Selesai sudah karier gue sebagai builder," ujar Atenx.

Baca juga: Berburu Helm Nolan yang Dipakai Jokowi

Presiden Jokowi mengunjungi Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo Kemayoran Minggu (22/7/2018)Kompas.com/Setyo Adi Presiden Jokowi mengunjungi Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo Kemayoran Minggu (22/7/2018)

Adanya pesanan pembuatan motor custom ke Katros berawal saat kunjungan Jokowi ke pameran Otobursa Tumplek Blek 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 21 Juli silam. Saat itu, Jokowi memang sempat singgah ke stan Katros dan melihat motor putra sulungnya yang tengah dipamerkan di lokasi tersebut.

Beberapa waktu lalu, Gibran juga sempat memesan pembuatan motor custom ke bengkel Katros. Saat itu, motor yang dipakai adalah Royal Enfield Classic 500 yang diubah menjadi bergaya bobber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com