Harmonisasi Pajak Mobil Baru, Sudah Final

Kompas.com - 07/08/2018, 20:24 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Kementerian Perindustrian kembali memperkenalkan rekomendasi harmonisasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah terbaru. Jadi nantinya tak lagi berdasarkan segmen, tapi lebih ke emisi yang dikeluarkan.

Ini merupakan perubahan ketiga dari skema yang sudah pernah dikenalkan sebelumnya. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto mengatakan skema yang kali ini disebut sudah final.

“Iya jika di level saya sudah final, di level Eselon I, tinggal di rapat terbataas antar menteri nanti akan diputuskan di sana,” ujar Harjanto, Selasa (7/8/2018).

Baca juga: Punya Dampak Ekonomi Luas, BKF Cermati PPnBM Baru Mobil

“Jadi secara substansi sudah beres tinggal nanti secara administrasi saja,” ujar Harjanto.

Meski begitu, Harjanto mengatakan, ada masalah masalah prosedural yang harus diikuti. Namun, pihak Kemenperin bakal mengikuti saja, tinggal di tingkat menteri yang akan mengambil putusannya.

“Jadi tahun ini goal ya, dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo juga sudah disampaikan, begitu juga pihak Gaikindo. Presiden juga mengatakan akan memberikan insentif yang lebin baik terhadap industri otomotif,” ujar Harjanto.

Berikut daftar lengkapnya.

Skema Pajak PPNBM Baru sudah final.ISTIMEWA Skema Pajak PPNBM Baru sudah final.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.