Mobil Listrik Mahasiswa Mau Jelajah Sabang-Merauke

Kompas.com - 01/08/2018, 09:02 WIB
BLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya. Foto dokumentasi/ITS dan UBLBLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya.
Penulis Alsadad Rudi
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh (ITS) Nopember Surabaya dan Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta berkolaborasi membuat mobil listrik yang dinamakan BLITS. Nama BLITS sendiri diambil dari inisial masing-masing perguruan tinggi.

Lewat keterangan tertulis, Selasa (31/7/2018), kedua pihak universitas menyebut BLITS adalah mobil yang sudah sudah 100 persen menggunakan energi listrik atau battery electric vehicle (BEV). Dalam proyek ini, kedua perguruan tinggi juga menggandeng beberapa pihak seperti PLN, Pertamina, Kemeristekdikti, dan Goodyear Indonesia.

Dalam waktu dekat, BLITS direncanakan akan diuji menjelajahi rute dari Sabang hingga Merauke dalam sebuah kegiatan bertajuk PLN BLITS Explore Indonesia 2018. Total jarak yang akan ditempuh tercatat mencapai 15.000 kilometer.

Baca juga: Konsep Mobil Sampah Plastik Mahasiswa UGM Juara di Inggris

BLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya.Dokumen/ITS dan UBL BLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya.

Rektor ITS Joni Hermana, menjelaskan, kehadiran BLITS bukan semata-mata kolaborasi inovasi antara mahasiswanya dengan UBL. Tapi lebih dari itu, kehadiran BLITS merupakan perwujudan mimpi untuk membuat mobil listrik berkualitas.

"Kami sangat senang bahwa ada kerja sama dan investasi untuk mewujudkan mobil listrik sehingga ini akan menjadi inspirasi bagi bangsa kita ke depan," ujar Joni saat launching BLITS di kampus ITS, Surabaya, Senin (30/7/2018).

Sedangkan Rektor UBL Didik Sulistyanto menyatakan bahagia karena mahasiswanya dan ITS bisa membuat mobil listrik dengan kualitas mumpuni. Ia menilai kerja sama ini penting karena ini kaitannya dengan meningkatkan daya saing bangsa dan mahasiswa yang terlibat.

Baca juga: Mobil Rancangan Mahasiswa Indonesia Berjaya di London

"Jika kita bersatu padu dalam berkarya, tidak mustahil semua akan tercapai terutama dukungan dari segala pihak," ucap Didik.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X