Cargloss Group Bantu Lokalisasi RS Taichi - Kompas.com

Cargloss Group Bantu Lokalisasi RS Taichi

Kompas.com - 27/06/2018, 10:02 WIB
Produk RS Taichi kini didistribusikan di Indonesia oleh Cargloss Group.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Produk RS Taichi kini didistribusikan di Indonesia oleh Cargloss Group.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kerja sama produsen Indonesia, Cargloss Group, dengan merek perlengkapan berkendara asal Jepang (apparel), RS Taichi, kemungkinan belum berakhir sampai tahap distribusi. Pihak Cargloss Group menyebut ada rencana produk RS Taichi diproduksi lokal.

Presiden Direktur Cargloss Group Harryanto Suherman menjelaskan saat ini rencana itu dalam tahap mencari vendor produksi. Dikatakan banyak produsen berkualitas bagus di dalam negeri hanya saja sedang dicari yang kualitasnya sesuai.

“Jadi belum direalisasi, kami sedang mencari, tidak mudah karena standarisasinya cukup tinggi. Mungkin barang yang diproduksi yang sederhana dulu. RS Taichi sangat memegang citra merek,” ucap Harryanto saat bertemu dengan wartawan di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Menurut Harryanto, peran Cargloss Group membantu RS Taichi mencari sarana produksi. Sembari itu, Cargloss Group sedang membentuk kepercayaan lewat kerja sama sebagai distributor tunggal RS Taichi di Indonesia mulai akhir Juni ini.

Baca juga: "Apparel" Lokal Baru, Harga Jauh Murah Ketimbang Merek Asing

Cargloss Group resmi menjadi distributor tunggal produk perlengkapan berkendara asal Jepang, RS Taichi. Memorandum of Understanding ditandatangani kedua pihak di pabrik Cargloss Group di Citeureup, Jawa Barat, pada Senin (25/6/2018). FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Cargloss Group resmi menjadi distributor tunggal produk perlengkapan berkendara asal Jepang, RS Taichi. Memorandum of Understanding ditandatangani kedua pihak di pabrik Cargloss Group di Citeureup, Jawa Barat, pada Senin (25/6/2018).

Cargloss Group belum berani memproduksi produk perlengkapan berkendara RS Taichi meski sudah memiliki fasilitas produksi helm di Citeureup, Jawa Barat. Dikatakan Harryanto Cargloss Group belum memiliki pengalaman memproduksi apparel.

“Mereka menawarkan ke saya, tapi saya hanya sebagai penjual. Kapasitas (pabrik) kami sudah overload, mau tiga shift. Apparel saya tidak punya pengelaman tapi untuk jual saya punya kepentingan. Saya mau jual barang bagus dan harganya murah, tapi tidak murahan,” ucap Harryanto.

Presiden Direktur RS Taichi Hiroshi Matsubara menjelaskan lokalisasi produk RS Taichi sudah dilakukan di Indonesia, namun dalam jumlah terbatas. Dari penjelasan dia, Kawasaki di Indonesia sudah memproduksi tas kecil yang kontrol kualitasnya diawasi langsung oleh RS Taichi.

"Saat ini produksi ada di China, Indonesia, Vietnam, Myanmar. Semuanya kami langsung yang mengordinasi dan kontrol kualitas. Di Indonesia saat ini hanya tas kecil dan pakaian kulit, tapi di masa mendatang bisa lebih variatif, seperti sarung tangan," ucap Hiroshi.


Komentar
Close Ads X