Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Marseille

China Pimpin Penjualan Mobil Listrik di Dunia

Kompas.com - 25/06/2018, 08:42 WIB
Azwar Ferdian

Editor

MARSEILLE, KOMPAS.COM - Bicara mobil listrik, ternyata China sudah terdepan dan tercatat sebagai negara yang memimpin penjualan mobil listrik di dunia.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2010 silam sampai 2017, total mobil listrik yang sudah terjual di seluruh dunia (semua merek) mencapai 3 juta unit. Penjualan tertinggi ada di tahun lalu, yakni menembus angka 1.150.000 unit di seluruh dunia.

Sementara China sudah mencatatkan penjualan mobil listrik dari 2010 sampai 2017 mencapai 1,230 juta unit. Angka ini bahkan tidak terkejar oleh penjualan seluruh Benua Eropa yang baru mencapai 820.000 unit.

Negara adidaya Amerika Serikat (AS) baru menjual 760.000 unit. Sedangkan Jepang tercatat dalam tujuh tahun menjual 220.000 unit mobil listrik dari semua merek.

Baca juga: Ford Focus Klaim Adopsi Teknologi Jet Tempur

"China menjadi pasar terbesar mobil listrik di dunia. Hampir semua merek menikmati penjualan di sana. Sementara Eropa dan AS tren mobil listrik sedang tumbuh, begitu pula dengan Jepang," jelas Toshinaga Kato, General Manager Indonesia Business Departement, ASEAN Div, di Marseille, Sabtu (23/6/2018).

Mitsubishi sendiri sedang fokus menggarap pasar kendaraan listrik di Eropa. Ini ditandai dengan peluncuran Outlander PHEV model 2019 pada ajang Geneva Motor Show 2018, Maret lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com