Laporan Langsung dari Marseille

China Pimpin Penjualan Mobil Listrik di Dunia

Kompas.com - 25/06/2018, 08:42 WIB
Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis Azwar Ferdian/Kompas.comUji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

MARSEILLE, KOMPAS.COM - Bicara mobil listrik, ternyata China sudah terdepan dan tercatat sebagai negara yang memimpin penjualan mobil listrik di dunia.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2010 silam sampai 2017, total mobil listrik yang sudah terjual di seluruh dunia (semua merek) mencapai 3 juta unit. Penjualan tertinggi ada di tahun lalu, yakni menembus angka 1.150.000 unit di seluruh dunia.

Sementara China sudah mencatatkan penjualan mobil listrik dari 2010 sampai 2017 mencapai 1,230 juta unit. Angka ini bahkan tidak terkejar oleh penjualan seluruh Benua Eropa yang baru mencapai 820.000 unit.

Negara adidaya Amerika Serikat (AS) baru menjual 760.000 unit. Sedangkan Jepang tercatat dalam tujuh tahun menjual 220.000 unit mobil listrik dari semua merek.

Baca juga: Ford Focus Klaim Adopsi Teknologi Jet Tempur

"China menjadi pasar terbesar mobil listrik di dunia. Hampir semua merek menikmati penjualan di sana. Sementara Eropa dan AS tren mobil listrik sedang tumbuh, begitu pula dengan Jepang," jelas Toshinaga Kato, General Manager Indonesia Business Departement, ASEAN Div, di Marseille, Sabtu (23/6/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mitsubishi sendiri sedang fokus menggarap pasar kendaraan listrik di Eropa. Ini ditandai dengan peluncuran Outlander PHEV model 2019 pada ajang Geneva Motor Show 2018, Maret lalu.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.