Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2018, 09:35 WIB
Azwar Ferdian

Editor

TOKYO, KOMPAS.COM - Urusan mobil hyper (hypercar) biasanya datang bukan dari pabrikan Jepang, termasuk Toyota. Pabrikan yang lazim memproduksi hypercar, sebut saja Bugatti, Koenigsegg, atau Lamborghini, Ferrari dan Porsche, datang dari Eropa.

Kali ini Toyota baru saja mengonformasi akan memproduksi mobil hyper dengan basis hibrida. Mobil super kencang ini adalah lanjutan dari model GR Super Sport Concept yang diperkenalkan pada Tokyo Auto Salon 2018 lalu.

Generasi terbaru mobil hyper Toyota ini mengusung teknologi hybrid-electric, yang sudah digunakan Toyota pada ajang  FIA World Endurance Championship. Hypercar ini dikembangkan dengan sistem THS-R berdasarkan model TS050 Hybrid.

Baca juga: Macet di Puncak, Cari Jalan Alternatif

Rencananya mobil akan menggendong mesin V6 2,4-liter twin-turbocharged V6 dan berpadu dengan dua motor listrik (satu di penggerak depan dan satu di penggerak belakang. Perpaduan Mesin tersebut mampu menyemburkan daya mencapai 1.000 tk.

“Industri otomotif saat ini sedang menghadapi era baru yang penuh dengan peluang. Kami akan melanjutkan semangat kami untuk membuat mobil yang terbaik," jelas Shigeki Tomoyama, kepala proyek Toyota Gazoo Racing, seperti dilansir Autoevolution, Minggu (17/6/2018).

Baca juga: Cerita Penyelamatan Diri Marquez saat Hampir Terjatuh di Kualifikasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com