Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Marquez Soal Sorakan dan Cemooh Penonton di GP Italia

Kompas.com - 04/06/2018, 09:53 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MUGELLO, KOMPAS.com - Marc Marquez harus menerima kenyataan dirinya gagal podium setelah terjatuh di balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). Namun ada yang lebih mengusik pikiran pebalap Spanyol tersebut, yakni reaksi para penonton yang menyoraki dan mencemoohnya saat dirinya terjatuh.

Ini bukan reaksi baru dari para penonton Italia terhadap dirinya yang kerap berseteru dengan pebalap Italia, Valentino Rossi. Namun dirinya merasa para penonton tidak perlu melakukan hal tersebut terlebih kepada pebalap yang mempertaruhkan nyawanya saat balapan.

"Reaksi mereka membuat saya berpikir tentang apa sebenarnya balapan sepeda motor. Merayakan kecelakaan seorang pebalap adalah hal yang menyedihkan karena kami mengambil risiko besar saat di trek," ucap Marc seperti dikutip dari Crash.net.

Marc pernah merasakan riuhan penonton Italia di sirkuit Misano setahun lalu. Saat itu ia bereaksi dengan memberikan kemenangan dan mengagalkan kesempatan juara pebalap tuan rumah Danilo Petrucci.

Baca juga: Lorenzo Bilang Sudah Telat Buat Ducati

Namun reaksi ini semakin keras terlebih saat kejadian kecelakaan pebalap Ducati Michele Pirro pada latihan pertama Jumat (1/6/2018) lalu. Saat Pirro masih terkapar dan televisi di sirkuit langsung berganti memperlihatkan Marc, penonton bersorak dan mencemoohnya.

"Saya kira reaksi tersebut memperlihatkan semuanya. Saat ada seorang pebalap yang terjatuh dari kecepatan 300 kpj dan kita tidak tahu bagaimana kondisinya, para penonton hanya fokus pada pebalap yang mereka lihat di kamera televisi dan menyorakinya. Saya tidak tahu ada berapa orang yang merayakan peristiwa terjatuhnya saya di balapan hari ini tapi jelas itu membuat saya bertanya mengapa mereka merayakan kecelakaan seorang pebalap daripada kemenangan pebalap lain," ucap Marc.

Marc juga akan bereaksi sama jika ada pendukungnya yang melakukan hal tersebut kepada salah satu rivalnya. Dia berharap para penonton mendukung balapan dan menghargai para pebalap.

Baca juga: Klasemen MotoGP, Rossi Mulai Dekati Marquez

Jika para penonton ingin merayakan kecelakaan yang dialami pebalap, lakukan di dalam hati saja. Marc sadar ini adalah sesuatu yang tidak dapat ia kontrol namun ia berharap fansnya tidak melakukan hal yang sama kepada pebalap lain.

"Saya sudah mengatakannya sejak 2015 dan 2016. Hargai para pebalap dan dukung balapannya. Itu yang terpenting," ucap Marc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com