Cara Mengakali Inden Waktu Beli Mobil Baru untuk Lebaran - Kompas.com

Cara Mengakali Inden Waktu Beli Mobil Baru untuk Lebaran

Kompas.com - 12/05/2018, 07:42 WIB
Unit Confero S yang akan diberikan kepada pemenang undian.Ghulam/KompasOtomotif Unit Confero S yang akan diberikan kepada pemenang undian.

Cikarang, KOMPAS.com - Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia lebih dari sekadar hari raya keagamaan, tetapi sudah menjadi tradisi hampir seluruh masyarakat. Terkait otomotif, Lebaran biasanya hubungannya dengan punya mobil baru.

Ada salah satu cara yang bisa diterapkan calon konsumen yang ingin menggunakan mobil baru saat lebaran. Walaupun cara ini tak sepenuhnya manjur karena tergantung ketersediaan stok di diler.

Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani, menyatakan, proses penyerahan mobil ke konsumen biasanya bisa lebih cepat jika pembelian dilakukan tunai. Sebab tidak ada rangkaian survei konsumen yang biasa dilakukan dalam pembelian kredit.

Dalam proses pembelian kredit, Dian menyebut agen pemegang merek (APM) biasanya tidak bisa memastikan seberapa cepat mobil bisa diserahkan ke konsumen. Sebab ada rangkaian survei yang lebih dulu dilakukan perusahaan leasing.

Baca juga: Memilih Transportasi untuk Libur Lebaran

"Tapi kalau cash, sepanjang stok ada, kita bisa penuhi," kata Dian di Cikarang, Rabu (9/5/2018).

Merek China, Wuling Motors kembali menggebrak dengan melepas Cortez varian termurah, berbekal mesin 1.5L.KOMPAS.com/Febri Ardhani Merek China, Wuling Motors kembali menggebrak dengan melepas Cortez varian termurah, berbekal mesin 1.5L.

Untuk produk dari Wuling sendiri, Dian menyatakan Confero S kemungkinan bisa langsung dikirim ke konsumen sebelum lebaran, jika proses pemesanan sudah dilakukan sejak sekarang.

Sedangkan untuk Cortez, Dian menyebut ada tipe tertentu yang tak bisa langsung dikirim ke konsumen pada Mei hingga menjelang lebaran. Contohnya Cortez 1.5.

"Cortez 1.5 baru Juni baru bisa kita kirim. Tapi kami siap untuk 1.8, walaupun ada antrean. Tergantung tipe yang mana," ucap Dian.

Baca juga: Wuling Fokus Hadapi Lebaran yang Pertama

All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)Kompas.com/Setyo Adi All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)

LMPV

Membeli mobil baru merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan sebagian masyarakat menjelang lebaran. Biasanya dipakai untuk mudik ke kampung halaman.

Low MPV adalah mobil yang umum jadi target pembelian untuk mudik dan lebaran. Namun masalah yang biasa ditemui adalah inden. Contohnya Mitsubishi Xpander yang indennya bisa 2-3 bulan.

Namun tidak demikian dengan Suzuki All-New Ertiga. Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra memastikan pengiriman unit generasi baru Ertiga sudah dilakukan sejak April lalu. Sehingga distribusi unit dari diler ke konsumen bisa diupayakan dilakukan pada pertengahan Mei.

Baca juga: Suzuki Ertiga Bisa Dipakai Mudik dan Lebaran

"Poinnya adalah konsumen bisa menikmati All-New Ertiga sebelum Lebaran,” kata Donny.


Close Ads X