Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Banteng Ngamuk Biasa "Nenggak Alkohol"

Kompas.com - 22/04/2018, 19:12 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - El Toro Loco, truk monster yang dihadirkan di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 ternyata berbahan bakar alkohol. Setiap tampil, mobil yang punya bobot 5 ton ini bisa menenggak hingga 35 liter alkohol.

Builder sekaligus pemilik El Toro Loco, Dan Evans menyebut mobilnya itu sebenarnya juga bisa menggunakan bensin.

Baca juga : Spesifikasi El Toro Loco, Banteng Gila Bintang IIMS 2018

"Tapi ketika sudah pakai bensin, tidak bisa lagi pakai alkohol. Jadi hanya salah satu," kata Dan di arena IIMS, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/4/2018).

El Toro Loco, truk monster setinggi 4 meter yang ikut hadir di perhelatan Indonesai International Motor Show (IIMS) 2018Wikipedia El Toro Loco, truk monster setinggi 4 meter yang ikut hadir di perhelatan Indonesai International Motor Show (IIMS) 2018

El Toro Loco adalah salah satu dari sekian banyak truk monster yang dipakai untuk atraksi Monster Jam di Amerika Serikat. Atraksi yang biasa dilakukan di stadion ini menyuguhkan berbagai aksi dari mobil-mobil truk monster, salah satunya aksi "jumping" hingga ketinggian 10-12 meter.

Untuk memudahkan bermanuver, ban belakang mobil ini juga bisa berbelok.

El Toro Loco merupakan mobil custom yang menggunakan mesin V8 Supercharger berkubikasi 8.300cc. Mobil menggunakan transmisi otomatis dengan tiga percepatan, terdiri atas dua gigi maju dan satu gigi mundur.

Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).

Untuk kedatangannya ke IIMS kali ini, mesin El Toro Loco sudah disetel untuk menggunakan bahan bakar gasolin. Hal ini berdampak terhadap penurunan tenaga mesin.

Bila saat beraksi mobil ini menghasilkan tenaga hingga 1.500 tk, maka di IIMS 2018 disetel hanya di angka 1.000 tk.

"Jadi ada penurunan spesifikasi agar bisa diisi bensin dan dihidupkan mesinnya selama pameran IIMS 2018," ucap salah seorang anggota Indonesia Off-road Federation (IOF) membantu menberi penjelasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com