Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Daihatsu Sirion resmi mengaspal di dalam negeri, dan siap menjadi penantang di segmen mobil kota. Berbeda dengan di negeri asalnya, di sini Astra Daihatsu Motor (ADM) hanya memasarkan dengan pilihan mesin 1.3L dan tidak varian 1.5L.

Konsumen dalam negeri, selain melihat harga, desain atau performa ketika membali mobil ada juga beberapa yang mempertimbangkan keiritan, atau hitung-hitungan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Sirion sendiri, punya klaim bisa mencapai 20 kilometer per liter (kpl), untuk varian transmisi manual.

Sedangkan untuk yang transmisi otomatis angkanya ada di bawahnya, atau 18 kilometer per liter. Namun, perolehan rata-rata konsumsi bahan bakar tersebut hasil pengujian di jalanan Malaysia.

Baca juga : Seberapa Penting Sensor Depan di Daihatsu Sirion?

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Lampu depan semua LED, tidak ada proyektor.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Lampu depan semua LED, tidak ada proyektor.

“Terkait konsumsi BBM tidak ada klaim angka dari pabrik, tapai kalau coba dikendarai bisa mencapai 18kpl untuk matik dan 20kpl manual. Lagipula itu juga tergantung kondisi jalan, pemakaian dan mobilnya,” ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Kompas.com, Jumat (16/3/2018).

Meski pengujian dilakukan di Malaysia, Bambang menuturkan, kalau kondisi jalan terutama di daerah perkotaan (sesuai dengan daerah mobilitas Sirion) antara Negeri Jiran dan Indonesia, tidak begitu jauh berbeda.

“Kondisi jalan di Malaysia dan Indonesia, tak jauh berbeda, karena ini city car, aspal jalanan kota di Malaysia hampir sama juga. Memang kalau berbicara Kalimantan dan Sulawesi bisa completely berbeda, tapi kalau Surabaya, Jakarta Medan hampir sama,” kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com