Kompas.com - 21/01/2018, 10:35 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia diketahui menggunakan beberapa jenis motor berkubikasi besar alias moge untuk kendaraaan dinasnya. Di antara moge yang dipakai polisi, Yamaha P900 dinilai merupakan motor yang paling gesit. 

Selain polisi, TNI juga mengggunakan motor ini untuk kendaraan pengawalan perwira tinggi. Sebagai pemilik dari bengkel yang rutin menservis motor-motor polisi dan TNI, pemilik Merzyta Motor, Suyono menyebut P900 sangat jarang mengalami masalah. Hal inilah yang disebut Suyono membuat P900 menjadi motor "voorijder" yang mudah dijumpai karena paling sering digunakan.

"P900 handling sama larinya enak. Perawatannya juga terjangkau dan jarang trouble di jalan," kata Suyono saat ditemui, Jumat (19/1/2018).

Satu unit motor dinas Polisi Militer TNI berjenis Yamaha P900 yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad Rudi Satu unit motor dinas Polisi Militer TNI berjenis Yamaha P900 yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Yono ini, kondisi berbeda terjadi pada salah satu motor "voorijder" lainnya yang juga produk Yamaha, FJR1300. Yono menyebut FJR1300 sangat sering over heat jika dipakai di tengah kondisi jalan yang macet.

Yamaha FJR1300 sudah menggunakan sistem pendingin cairan dan sistem injeksi. Berbeda dengan P900 yang masih menggunakan sistem pendingin udara dan masih menggunakan karburator.

Baca juga : Bengkel Ini Disukai Polisi dan Tentara Untuk Servis Motor

"FJR 1300 itu sering overheat. Sepertinya tidak sesuai dengan iklim kita apalagi dengan kondisi jalan yang macet," ujar Yono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.