Apa Bedanya Rawat Matik Konvensional dan CVT?

Kompas.com - 05/01/2018, 10:22 WIB
Mesin 2NR-FE dengan gearbox CVT. Otomania/Setyo AdiMesin 2NR-FE dengan gearbox CVT.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KompasOtomotif - Cara kerja antara mobil matik konvensional dan continous variable transmission (CVT) memiliki perbedaan. Namun perbedaan itu tidak berdampak terhadap perawatan.

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian menjelaskan, walaupun menggunakan oli khusus, periode pergantian oli pada CVT masih sama dengan matik konvensional, yakni setiap 10.000 kilometer untuk oli mesin dan 80.000 kilometer untuk oli transmisi.

"Biayanya juga sama," kata Deni saat ditemui KompasOtomotif, Rabu (3/1/2017).

New Vios 2016 menggunakan mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.Toyota Motor Thailand New Vios 2016 menggunakan mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.

Deni menyadari ada anggapan bahwa CVT lebih cerewet dalam hal perawatan ketimbang matik konvensional. Namun Deni menilai hal itu hanya karena CVT merupakan teknologi baru. Sehingga belum banyak bengkel yang dapat menangani apabila mobil mengalami masalah, terkecuali bengkel resmi atau bengkel yang mekaniknya sudah mendapat pelatihan mengenai penanganan CVT. Deni menyamakan hal ini seperti saat transmisi matik masih baru dikenal di masyarakat.

"Jadi plus minus CVT sebenarnya lebih kepada image orang. Karena baru, jadi pada beranggapan 'ntar begini enggak ya, ntar begitu enggak ya," ujar Deni.

Menurut Deni, CVT sendiri merupakan teknologi terbaru yang lambat laun akan diterapkan di semua mobil matik. Sehingga anggapan negatif tentang CVT diprediksi akan hilang dengan sendirinya.

"Terbukti semua produk terbaru pasti menonjolkan keunggulan CVT," pungkas Deni.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X