Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita CBR150 Generasi Pertama yang Kerap Dipakai Turing

Kompas.com - 19/11/2017, 10:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - CBR Riders Club Jakarta (CRCJ) mengadakan acara peringatan hari ulang tahun komunitasnya yang ke-11 pada Sabtu (18/11/2017) kemarin. Terpantau ada puluhan motor CBR berbagai generasi yang dipajang di pelataran dan lobi Mal One Bel Park, Pondok Labu, Jakarta Selatan yang menjadi lokasi acara.

Diantara banyak motor tersebut, ada salah satu motor CBR150 yang memiliki warna cukup mencolok, yakni oranye kombinasi putih dengan tambahan sedikit warna biru. Dilihat dari bentuk, motor yang satu ini merupakan CBR150 generasi pertama yang dijual di Indonesia.

Baca juga : Pererat Persaudaraaan, Ratusan Konseum Honda CBR Kumpul Bareng

Menurut sang pemilik, Otnay, motornya ini merupakan produk tahun 2006. Selama 11 tahun, Otnay menyebut motornya sudah kerap dipakai turing ke berbagai kota di Jawa, Bali, bahkan Sumatera.

"Sudah keliling Jawa, Bali, Lampung, Padang," kata Otnay saat ditemui KompasOtomotif.

Salah satu sepeda motor Honda CBR 150 generasi pertama milik anggota CBR Riders Club Jakarta yang tengah merayakan hari jadi komunitasnya yang ke-11 di One Bel Park Mal, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu sepeda motor Honda CBR 150 generasi pertama milik anggota CBR Riders Club Jakarta yang tengah merayakan hari jadi komunitasnya yang ke-11 di One Bel Park Mal, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/2017).

Dibanding CBR150 generasi lain yang muncul dalam beberapa tahun terakhir, generasi pertama memiliki body yang lebih ramping. CBR150 generasi pertama merupakan produk completely build up (CBU) yang diimpor langsung dari Thailand. Motor ini tercatat mulai masuk dan dijual di Indonesia pada 2002.

Khusus CBR150 yang dimiliki Otnay, ia menyebut mesin motornya sampai saat ini masih dalam kondisi standar. Hal inilah yang membuat motor awet dan masih digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Baca juga : Bermodal Rp 22 Juta, CBR 250 Disulap Jadi Cafe Racer

"Turun mesin sih pasti sudah pernah. Tapi perawatan paling cuma cek biasa," ujar Otnay.

Menilik sejarahnya, CBR150 generasi pertama merupakan suksesor NSR150 yang saat itu mulai stop produksi seiring ketatnya regulasi terhadap motor bermesin 2 tak. Generasi pertama CBR150 merupakan motor bermesin 4 tak DOHC yang masih menggunakan karburator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com