Ridwan Kamil Pastikan Angkutan “Online” Boleh Beroperasi di Bandung

Kompas.com - 17/10/2017, 17:02 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui seusai peresmian Taman Lalu Lintas, Jumat (29/9/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIWali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui seusai peresmian Taman Lalu Lintas, Jumat (29/9/2017).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Polemik yang terjadi terkait angkutan online di Bandung, diluruskan oleh Sang Wali Kota Ridwan Kamil. Dalam akun instragram-nya, Ridwan mengatakan, tidak ada pelarangan buat angkutan online.

Usulan pelarangan operasi angkutan online di Bandung merebak lantaran 14 pasal di Peraturan Menteri (PM) Perhubungan RI nomor 26 Tahun 2017 dibatalkan oleh putusan Mahkamah Agung pada Agustus lalu. Gejolak pun membesar karena operasi angkutan online dianggap ilegal.

Baca: Taksi dan Ojek Online Dilarang Beroperasi di Bandung

Ke-14 pasal itu memang gugur, namun efektif berlaku 90 hari setelah putusan. Dalam kata lain, PM Perhubungan RI nomor 26 Tahun 2017 masih berlaku hingga 1 November 2017.

“Hasil konsultasi kami ke Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub adalah tidak ada pelarangan angkutan online. Yang ada angkutan online harus menyesuaikan aspek administrasi dan legalnya dengan peraturan baru yang berlaku tanggal 1 November 2017,” tulis Ridwan.

Sambil menunggu peraturan baru keluar, masyarakat masih bisa memilih menggunakan sarana transportasi yang diinginkan, konvensional ataupun online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.