Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempertebal Sisi Liar Scrambler Ducati

Kompas.com - 19/09/2017, 15:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Taipei, KompasOtomotif - Scrambler Ducati memiliki tampilan standar yang sudah matang dengan aura kustom. Namun paras pabrikan sepeda motor Italia tersebut dianggap kurang memuaskan, hingga akhirnya dirombak habis oleh Winston Yeh builder asal Taiwan pemilik rumah modifikasi Rough Craft.

Yen mengangkat tema Jab Launcher dengan Scrambler lansian 2016, konsepnya sedikit mencuri tampilan dari Cafe Racer. Seperti biasa, proses pengerjaan diawali dengan menelanjangi habis komponen standar terlebih dahulu.

Setelah selesai, giliran tangan dingin Yeh mulai beraksi dengan mamasang garpu depan Marzocchi milik Ducati Panigale 1199 yang dikelir warna hitam pekat. Kesan kokoh ditambah dengan hadirnya sistem pengereman keluaran Beringer Brakes serta piringan Brembo WSBK, dan pelek karbon BST 17 inci.

Rombakan paling berat yang dilakukan adalah pemasangan swing arm tunggal. Yeh menggaku harus memutar otak agar tetap persisi dan tidak mengganggu saat digunakan, hasilnya jarak sumbu roda menjadi lebih panjang dari aslinya.

Modifikasi Scrambler Ducati 2016 Modifikasi Scrambler Ducati 2016
Baca : Tatapan Tajam Royal Enfield "Peluru Perak"

Selesai dengan kaki-kaki, giliran mengarap dudukan jok pengendara menggunakan panel serat karbon. Bentuknya dibuat single seater ala cafe racer, lengkap bersama buntut tawon yang dipadukan stop lamp bawaan Ducati.

Modifikasi Scrambler Ducati 2016 Modifikasi Scrambler Ducati 2016

Disitat dari Bikeexif, Yeh memberikan sentuhan baru pada tangki dengan siluet yang sama dengan versi standar. Agar tampilan makin berbeda, kustom ulang dilakukan dengan menempatkan panel speedometer yang semula berada disegitiga atas ke dalam bagian tangki.

"Kami selalu menyukai tampilan kokpit yang bersih. Tapi adanya sistem elektronik modern menjadi penghalang, agar bisa dimanfaatkan maka speedometer kami pindah ke bagian tangki bensin sehingga sektor depan terlihat polos dan bersih," ucap Yeh.

Speedometer ditanam menjadi satu dengan tangki bahan bakar Speedometer ditanam menjadi satu dengan tangki bahan bakar

Ini menjadi salah satu pemandangan yang unik sekaligus menarik. Bahkan bisa menjadi inspirasi bagi para pemilik Scrambler yang ingin memberikan sentuhan baru pada moge asal Italia.

Sektor mesin nampaknya tidak banya berubah, Yeh mengaku hanya memberikan sentuhan sederhana agar bobot keseluruhan menjadi lebih ringan.

Modifikasi Scrambler Ducati 2016 Modifikasi Scrambler Ducati 2016
Tapi untuk mendapat visual sangar, setelah semua blok mesin di cat dengan warna hitam sektor kopling diganti menggunakan AEM Factory dengan model telanjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com