Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“MPV Sejuta Umat” Nissan Bakal Beda Jauh dari Mitsubishi

Kompas.com - 24/05/2017, 09:02 WIB


Jakarta, KompasOtomotif –
Dengan nahkoda baru, Eiichi Koito sebagai Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), salah satu yang paling hot dibicarakan, adalah soal kolaborasi dengan Mitsubishi soal model multi purpose vehicle (MPV) “sejuta umat”. Koito yang notabene “orang Mitsubishi” diharapkan bisa memuluskan rencana Nissan memasarkan produk serupa tapi tak sama, menggunakan platform XM-Concept, yang siap diluncurkan Mitsubishi, Agustus 2017 mendatang.

Berkat langkah akuisisi 34 persen saham, Nissan Motor Company terhadap Mitsubishi Motors Corporation di Jepang, opsi “menjarah” platform XM  Concept, yang disiapkan sebagai MPV sejuta umat Mitsubishi bisa dilakukan Nissan. Meskipun, pihak NMI memastikan, meski menggunakan platform sama, MPV sejuta umat punya Nissan akan berbeda sama sekali dengan Mitsubishi.

Baca: Bocoran Terbaru soal ?MPV Sejuta Umat? Nissan

“Meski platform sama, tetapi tidak akan identik seperti Toyota-Daihatsu, karena konsumen Mitsubishi dan Nissan itu berbeda,” kata Koito di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Davy Jeffery Tuilan, Vice President Nissan Sales & Marketing, mengatakan, salah satu yang berbeda kolaborasi Toyota-Daihatsu dan Nissan-Mitsubishi adalah konsep aliansi. Kalau Toyota jelas, merupakan pemilik mutlak dari Daihatsu, sehingga apapun yang diinginkan akan lebih mudah terealisasi.

“Sementara konsep Nissan-Mitsubishi ini aliansi, jadi kita saling tarik ulur. Siapa yang bisa punya cost lebih baik, lebih kompetitif, dia akan didahulukan. Tapi soal model kolaborasi, pasti berbeda dengan konsep Toyota-Daihatsu,” kata Davy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com