Awas, Banyak Mobil Kebanjiran ”Gentayangan”

Kompas.com - 02/03/2017, 16:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotifBanjir cukup besar yang melanda berbagai wilayah, terutama Ibu Kota, belum lama ini, membuat banyak mobil terendam. Efeknya, banyak mobil bekas banjir yang mulai gentayangan. Buktinya, banyak bengkel dan pemain mobil bekas yang menemukan fenomena ini.

KompasOtomotif mendatangi bengkel Brum (Fendryss) di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, (2/3/2017). Ternyata, dalam seminggu, para mekanik disibukkan dengan pembersihan noda banjir banyak mobil. Dalam seminggu, sudah enam mobil yang kena rendaman banjir masuk bengkel!

”Ada beberapa lagi yang mau masuk. Tapi kapasitas bengkel tidak mencukupi. Sejak banjir minggu lalu, sudah enam mobil kami bersihkan. Rata-rata terendam, dan harus mencopot semua bagian lantai interior,” kata Rusdi Sopandi, Manajer Mekanik misterbrum.id, kepada KompasOtomotif.

dok. Bengkel Brum-Fendryss Lantai interior yang tergenang air dan lumpur.
Rusdi melanjutkan, bahwa rata-rata mobil bekas banjir yang sudah masuk bengkel bakal siap dijual. Tentu, fenomena ini tak hanya terjadi di satu bengkel. Dia pun mengatakan bahwa beberapa bengkel rekanan lainnya juga menerima keluhan yang sama.

Artinya, mobil-mobil bekas banjir di Jakarta saat ini sedang menumpuk. KompasOtomotif lantas melakukan kroscek ke beberapa pedagang mobil bekas. Teddy Rahmat, pedagang mobil bekas Dave Car di Jatibening, Pondok Gede, Jakarta Timur, tidak menampik ”banjirnya mobil bekas banjir”.

dok. Bengkel Brum-Fendryss Lantai yang tergenang air ketika banjir.
”Kami punya tenaga ahli yang bisa cek. Dalam sepekan, kami temukan tiga mobil bekas banjir yang mau dijual. Terpaksa kami tawar sedikit lebih rendah dari harga pasar. Meskipun sudah dibersihkan, tetap saja kelihatan,” kata Teddy ketika dihubungi KompasOtomotif.

Ketika mobil bekas banjir masuk showroom-nya, Teddy menjamin akan merapihkan ulang, terutama bagian bawah jok yang kadang ada sisa air dan lumpur yang tak terlihat. Dia pun menganjurkan pembeli untuk teliti sebelum membeli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.