Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Teknologi Ertiga Diesel Meluncur dari Suzuki

Kompas.com - 21/01/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Langkah Suzuki meluncurkan Ertiga diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) tinggal sesaat lagi. Kabar mengenai kehadirannya pada pekan kedua Februari 2017, dibenarkan oleh pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

"Ertiga diesel meluncur minggu kedua Februari. Tampilan tidak berbeda dengan yang sekarang, paling besar di sektor mesin dan teknologi," ucap Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, saat berkunjung ke redaksi KompasOtomotif, Jumat (20/1/2017).

Menurut Donny, nantinya Ertiga diesel akan menggunakan mesin berkubikasi 1.300 cc. Sistem kerja SHVS ditunjang dengan aki konvensional, bukan seperti pada mobil hibrida umumnya yang mengandalkan baterai lithium.

"Sumber tenaga listik kami gunakan aki berkapasitas besar. Ada aktuator yang memiliki sistem kerja seperti seperti alternator. Bedanya aktuator bukan hanya bisa mengeluarkan tapi juga menyimpan tenaga listrik. Untuk integrated starter generator (ISG) itu salah satu fiturnya," ucap Donny.

Suzuki Mesin Ciaz 1.3L dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Dengan aki konvensional, lanjut Donny, ada keuntungan dalam hal perawatan yang lebih mudah. Konsumen cukup mengecek seperti cairan dan kondisinya, tidak seperti baterai lithium yang lebih kompleks.

Sedangkan ketika ditanya mengenai pilihan transmisi, Donny mengatakan saat ini baru tersedia dengan transmisi manual. "Baru manual, nanti kita akan ada pengembangan untuk matik," ucap Donny.

Ertiga diesel hibrida bakal jadi satu-satunya low MPV yang menggunakan mesin diesel saat ini. Posisi ini menggantikan Chevrolet Spin yang saat ini produksi sudah dihentikan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com