Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Hibrida Suzuki Bermula dari Ertiga

Kompas.com - 22/11/2016, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Era kendaraan hibrida Suzuki di Indonesia dimulai dengan Ertiga. Dari keterangan sumber terpercaya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana meluncurkan Ertiga berteknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) awal tahun depan kendati belum terkonfirmasi resmi. 

Teknologi SHVS mulai diperkenalkan di India pada low MPV Ertiga dan sedan Ciaz. Sistem kerja hibrida yang dikatakan harga terjangkau ini dipadankan dengan mesin diesel Dualjet D13A 1.3L DOHC pada kedua model. Spesifikasi tenaganya pun identik, 88 tk, dan torsi 200 Nm.

Saat ini SHVS baru ada pada mesin diesel Suzuki, kombinasi itulah yang juga masuk ke Indonesia. Teknologi hibrida bakal jadi hal baru buat SIS, selain itu mesin diesel pada Ertiga juga tergolong demikian.

Indianautosblog Tampilan depan Suzuki New Ertiga yang dipasarkan di India.

“Sampai saat ini direncanakan hanya untuk diesel, sampai kemari pun diesel. Memang budayanya agak beda, di sana (India) memang populer sekali diesel, namun perlu disesuaikan untuk di Indonesia. Kami sedang mempelajari Ertiga diesel,” ucap Susanto Winarto, Suzuki 4W National Sales, di Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Dikonfirmasi soal jadwal rinci peluncuran, Susanto cuma mau mengatakan, “sebentar lagi”. “Untuk final kami belum selesai prosesnya, cuma hampir dikit lagi akan kami umumkan akan dijual di Indonesia akan tidak,” kata Susanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com