Perbedaan “Power Steering” Hidrolik dan Elektrik

Kompas.com - 07/01/2017, 11:01 WIB
Komponen power steering hidrolik. Ghulam/OtomaniaKomponen power steering hidrolik.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Demi kenyamanan berkendara, keberadaan power steering pada mobil jadi salah satu yang tak bisa ditinggalkan. Tanpa teknologi ini, memutar kemudi butuh tenaga lebih, apalagi jika kendaraan mengangkut beban berat.

Saat ini dikenal ada dua jenis power steering yang populer digunakan, mulai dari hidrolik atau sistem konvensional dan elektrik yang sudah disematkan pada model-model mobil baru. Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator ADM, coba berbagi informasi mengenai komponen ini.

“Kalau electric power steering (EPS) itu menggunakan motor listrik pada sistem pengoperasiannya. Sementara hydraulic power steering (HPS), bekerja melalui pompa hidrolik yang memanfaatkan tenaga putaran mesin,” ujar Anjar kepada KompasOtomotif, Jumat (6/1/2017).

Anjar melanjutkan, untuk EPS yang saat ini sudah mulai banyak digunakan, memiliki kelebihan seperti less maintenance atau bebas perawatan. Lebih dari itu, sistem ini uga tidak membebani kerja mesin, sehingga bisa membantu mengefisiensi bahan bakar.

“Hal tersebut tidak terjadi untuk jenis HPS, yang membutuhkan perawatan, di mana bisa jadi celah kekurangannya. Untuk setiap 40.000 km sekali oli harus diganti, lalu pompanya juga menambah beban kerja mesin, sehingga memengaruhi efisiensi bahan bakar,” ujar Anjar.

Anjar menambahkan, saat ini model Daihatsu yang masih menggunakan sitem HPS adalah Luxio dan Gran Max. Dirinya juga menyampaikan kalau Daihatsu tidak menyediakan layanan penggantian dari  power steering hidrolik menjadi elektrik.

“Daihatsu tidak melayani penggantian HPS ke EPS karena komponen suku cadang yang diganti cukup banyak dan tidak efisien secara biaya,” ujar Anjar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X