Kompas.com - 08/12/2016, 08:52 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Brussels, KompasOtomotif – Sukses mengisi pasar di segmen sport coupe melalui model 86, Toyota kembali merencanakan penerusnya. Melalui Karl Schlicht, bos Toyota Eropa, produk tersebut akan diluncurkan di awal 2019.

Mengutip CarscoopsKamis (8/12/2016) berkaca dari keberhasilan generasi pertama, mereka akhirnya menghadirkan generasi kedua. Sebelumnya, kabar akan kelahiran ini sudah beredar di media Jepang, sejak Agustus 2015 lalu.

“Generasi kedua GT 86 sudah dalam perjalanan, mungkin akan hadir di 2018 akhir atau kemungkinan besar di awal 2019. Produk tersebut memiliki tujuan besar, dan kami tidak akan keluar dari segmen bisnis tersebut, generasi kedua ini adalah salah satu realisasinya,” ujar Schlicht.

Pada saat itu, kabar yang berhembus adalah 86 generasi kedua tidak akan lagi dikembangkan bersama dengan Subaru, dan bakal meggandeng Mazda. Saat ditanyakan, Schlicht masih enggan untuk membeberkan informasi secara pasti.

"Apakah akan dengan Subaru? Saya tidak tahu. Namun jika masih ingin mengusung konsep dengan bermesin rendah, kami masih harus melakukan itu. Ada banyak alasan untuk melanjutkan kerjasama dengan Subaru," ujar Schlicht.

Mesin boxer yang disematkan pada GT 86, merupakan kunci untuk mencapai pusat gravitasi rendah, di mana yang bakal diuntungkan adalah dinamika berkendara. Sementara Mazda (yang masuk dalam pertimbangan Toyota sebelum bekerjasama dengan Subaru) mendeklarasikan mesin rotary untuk model sportnya sudah dikubur. Jadi menyalakan kembali kemitraan dengan Subaru tampaknya menjadi hal yang logis untuk dilakukan oleh Toyota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.