Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma 7 Liter, Nissan Grand Livina Bandung-Jakarta

Kompas.com - 03/12/2016, 16:19 WIB
Donny Apriliananda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotifNissan Grand Livina kembali diuji. Kali ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) berusaha mengejawantahkan visi baru Intelligent Mobility pada mobil-mobil Nissan, salah satunya mobil keluarga 7-seater itu lewat uji keiritan konsumsi bahan bakar. Hasilnya fantastis, tembus 30,3 kpl!

NMI mengemas agenda ini dalam ajang Tantangan 7 liter Livina, di mana peserta yang semuanya adalah awak media, benar-benar dibekali bensin oktan 92 sejumlah 7 liter (dihitung dari tangki kosong/ kuras). Start dari diler Nissan Cimahi, diharapkan semua peserta bertahan sampai tiba di Jakarta.

”Tantangan ini membuktikan salah satu visi dari Intelligent Mobility, yakni Intelligent Driving, dengan transmisi X-Tronic CVT yang membuat mobil makin bertenaga, sehingga Nissan Grand Livina irit bahan bakar,” ucap Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk NMI, (2/ 12/2016).

Peserta lomba dibagi menjadi dua kategori, yakni menggunakan AC dan non-AC. Semua mobil dalam keadaan standar, tidak ada modifikasi, sudah diservis dan dalam kondisi normal. Tekanan ban pun disamakan sesuai standar pabrikan.

Dari Nissan Cimahi, peserta masuk tol Padalarang via pintu Pasirkoja, lalu masuk tol Cikampek, keluar di pintu tol Halim, Jakarta, dan finish di diler Nissan MT Haryono, dengan total jarak sekitar 139 km.

Kondisi ruas jalan tol cukup padat, bahkan cenderung merayap setelah keluar gerbang tol Cikarang Utama. Inilah yang membuat tak semua peserta berhasil finish sampai diler Nissan MT Haryono.

KompasOtomotif mengemudikan Nissan Grand Livina Highway Star lansiran 2016, bersama navigator Jeffry dari Vivanews.co.id dengan metode eco driving.

Putaran mesin dijaga tak sampai lebih dari 1.500 RPM dengan kecepatan rata-rata 60-70 kpj. Kami berhasil finish dan meraih hasil terbaik dengan raihan 30,3 kpl, dilihat dari angka konsumsi bahan bakar rata-rata pada multi information display (MID).

Rata-rata peserta kategori Non AC masih bisa tembus konsumsi bahan bakar 25-26 kpl. Sedangkan kategori AC tertinggi mencapai 24,6 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com