Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RMA Group Bukan "Orang Asing" buat Ford Indonesia

Kompas.com - 28/11/2016, 15:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Nama penerus aktivitas Ford di Indonesia, RMA Group bisa jadi masih asing di telinga. Namun ternyata, perusahaan asal Thailand ini sudah cukup lama menginjakan kaki di Tanah Air. 

Dari keterangan Yanto Mardianto, Senior Manager Marketing & Sales RMA Group, perusahaan mulai beroperasi di Indonesia sejak 2008. Saat itu, RMA Group yang ditunjuk sebagai Qualified Vehicle Modifier oleh Ford Motor Company (FMC), menyalurkan pikap Ranger versi modifikasi untuk kebutuhan pertambangan Freeport di Papua.

Yanto mengatakan suplai tersebut bekerja sama dengan diler Ford yang ada di papua milik Auto Kencana Group. Nugroho Suharlim, Chief Operating Officer Auto Kencana Group menerangkan, ketimbang perusahaan diler Ford yang lain, hubungan RMA Group dengan Auto Kencana Group sudah terjalin lebih lama.

“RMA Pertama kali masuk ke Indonesia lewat Auto Kencana Group. Dulu kalau masih ingat ada Ranger SORV, itu produk pertama yang masuk ke Indonesia waktu masih pakai nama Global Fleet Sales,” jelas Nugroho Suharlim, Chief Operating Officer Auto Kencana Group, di Jakarta, Sabtu (26/11/2016).

Ranger SORV (Severe Off Road Vehicle) meluncur di Balikpapan, pada 3 Maret 2008. Model dengan bodi kabin ganda ini tersedia tiga varian, 2.5L TDi 4x4 MT XLT, 2.5L TDi 4x4 MT XLT-STD, dan 2.9L NA 4x4 MT Base.

Dibanding versi Ranger standar, SORV dibekali perlengkapan kelas berat terutama di bagian kaki-kaki plus snorkel buat antisipasi banjir. SORV juga dilengkapi ABS, EBD, kantong udara, side door impact beam, crash cage, collapsible steering wheel, dan child lock protector.

Mulai 1 November, RMA Group ditunjuk oleh FMC untuk memastikan layanan servis, ketersediaan suku cadang, dan klaim garansi konsumen Ford di Indonesia masih dilayani. Saat ini, kantor RMA Group berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara, namun pada awal Desember akan pindah ke Wisma Pondok Indah III, Jakarta Selatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com