Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Baru Motor Petualang BMW Terpopuler

Kompas.com - 16/11/2016, 07:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotifBMW perlu dua tahap untuk membuat R1200GS makin memuaskan penggunanya. Sebelumnya, sudah tersedia di diler dengan sistem penggerak baru dan perbaikan pada sektor transmisi, yang membuat performanya lebih baik dan paling penting lulus standar emisi Euro4.

Kini, BMW Motorrad kembali memberi penyegaran motor adventure paling populer di dunia ini dengan ubahan pada performa dan line up tambahan. Versi paling baru ini sudah melantai untuk pertama kalinya di ajang EICMA, Milan, yang baru saja berakhir pada 13 November 2016.

Model utama masih mengandalkan tiga paket berkendara, yakni Dynamic, Comfort, dan Touring, yang akan menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Tidak ada perubahan besar pada model ini, karena BMW menjadwalkannya pada 2018 mendatang.

Menariknya, seperti disebut di atas, ada dua model tambahan yang diluncurkan, yakni Exclusive dan Ralliye. Pada model ekslusif, fokusnya ada pada penggunaan di jalanan aspal, memberikan sensasi berkendara harian yang menarik dengan kemampuan touring.

Warna lebih kalem dengan Iced Chocolate Metallic. Lalu bagian samping tangki bahan bakar diberi laburan Monolith Metallic Matt, diberi finishing stiker khusus pada masaing-masing sisi.

Rangka warna Agata Grey yang dilabur dengan teknik powder coating. Mesin diberi finishing hitam, lalu diberi aksen emas pada kaliper untuk membuatnya semakin kontras.

R1200GS Rallye
Tipe ini berbeda dengan versi Exclusive, yang lebih mengutamakan kemampuan off-road. BMW sudah memberi bebragai kelengkapan untuk berjibaku dengan tanah, karena targetnya adalah orang yang suka petualangan. Paketnya sudah lengkap, tak perlu beli paket aksesori orisinal.

Misalnya, pelek jari-jari yang dipasang menyilang, menjamin kapabilitas di lintasan off road dan kemudahan berkendara. Kendari demikian, tipe ini tetap masih bisa digeber di jalanan aspal.

Pemilik juga bisa mencopot rak untuk bagasi dan pijakan kaki pembonceng. Ini membuat motor makin punya kemampuan menjelajah. Komponen tambahan lain, jok, tameng angin, pelindung radiator dan rangka, serta pijakan kaki lebih lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com