Kompas.com - 16/11/2016, 07:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Milan, KompasOtomotifBMW perlu dua tahap untuk membuat R1200GS makin memuaskan penggunanya. Sebelumnya, sudah tersedia di diler dengan sistem penggerak baru dan perbaikan pada sektor transmisi, yang membuat performanya lebih baik dan paling penting lulus standar emisi Euro4.

Kini, BMW Motorrad kembali memberi penyegaran motor adventure paling populer di dunia ini dengan ubahan pada performa dan line up tambahan. Versi paling baru ini sudah melantai untuk pertama kalinya di ajang EICMA, Milan, yang baru saja berakhir pada 13 November 2016.

Model utama masih mengandalkan tiga paket berkendara, yakni Dynamic, Comfort, dan Touring, yang akan menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Tidak ada perubahan besar pada model ini, karena BMW menjadwalkannya pada 2018 mendatang.

Menariknya, seperti disebut di atas, ada dua model tambahan yang diluncurkan, yakni Exclusive dan Ralliye. Pada model ekslusif, fokusnya ada pada penggunaan di jalanan aspal, memberikan sensasi berkendara harian yang menarik dengan kemampuan touring.

Warna lebih kalem dengan Iced Chocolate Metallic. Lalu bagian samping tangki bahan bakar diberi laburan Monolith Metallic Matt, diberi finishing stiker khusus pada masaing-masing sisi.

Rangka warna Agata Grey yang dilabur dengan teknik powder coating. Mesin diberi finishing hitam, lalu diberi aksen emas pada kaliper untuk membuatnya semakin kontras.

R1200GS Rallye
Tipe ini berbeda dengan versi Exclusive, yang lebih mengutamakan kemampuan off-road. BMW sudah memberi bebragai kelengkapan untuk berjibaku dengan tanah, karena targetnya adalah orang yang suka petualangan. Paketnya sudah lengkap, tak perlu beli paket aksesori orisinal.

Misalnya, pelek jari-jari yang dipasang menyilang, menjamin kapabilitas di lintasan off road dan kemudahan berkendara. Kendari demikian, tipe ini tetap masih bisa digeber di jalanan aspal.

Pemilik juga bisa mencopot rak untuk bagasi dan pijakan kaki pembonceng. Ini membuat motor makin punya kemampuan menjelajah. Komponen tambahan lain, jok, tameng angin, pelindung radiator dan rangka, serta pijakan kaki lebih lebar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.