Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Transmisi Otomatis Renault Kwid

Kompas.com - 08/11/2016, 08:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Setelah meluncur di Indonesia pada pertengahan Oktober 2016 lalu, cerita Renault Kwid berlanjut. Mobil murah merek Perancis ini akan meluncurkan varian transmisi otomatis di India, Rabu, (9/11/2016).

Varian ini datang untuk melengkapi versi manual lima percepatannya yang sudah lebih dulu hadir. Menurut autocarindia.com, Kwid versi matik ini datang menggunakan transmisi AMT (Automated Manual Transmission) atau disebut juga "Easy-R" gearbox.

Pola kerja transmisi AMT cukup aneh karena hanya memiliki tiga pilihan, yakni maju (D), netral (N), dan mundur (R) dengan lima tingkat percepatan. Uniknya lagi, untuk mengoperasikannya sudah tidak menggunakan tuas persneling, melainkan memakai knop atau semacam kontrol putar yang letaknya berada di dasbor.

Pengendara cukup putar knop ke arah yang dibutuhkan untuk mengoperasikan gerak mobil, tanpa repot mengeser batang tuas transmisi lagi. Konsepnya mirip yang ada pada mobil-mobil premium Eropa. Selain unik, hal ini juga akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara.

Dalan pengujian yang sudah dilakukan autocarindia, dikatakan meski memiliki transmisi lima percepatan, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan tuas untuk mengoprasikan secara manual.

autocarindia.com Transmisni matik Renult Kwid tanpa tuas persneling.

Cara kerja transmisini ini sudah diatur menggunakan ECM yang fungsinya seperti perangkat Engine Control Unit (ECU) dan disertai fitur "creep" atau "crawal". Fungsinya untuk menahan mobil dalam kondisi diam saat knob di posisi netral tanpa harus menginjak pedal rem. Namun begitu hal ini berbahaya ketika dilakukan pada permukaan jalan yang tidak rata.

Renault Kwid AMT hadir menggunakan mesin 1.000 cc yang sama dengan di Indonesia. Transmisi AMT ini bisa jadi merupakan transmisi matik yang akan dibawa oleh Renault Indonesia tahun 2017 mendatang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com