Uniknya Transmisi Otomatis Renault Kwid

Kompas.com - 08/11/2016, 08:43 WIB
Transmisi otomatis AMT Renault Kwid autocarindia.comTransmisi otomatis AMT Renault Kwid
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

New Delhi, KompasOtomotif - Setelah meluncur di Indonesia pada pertengahan Oktober 2016 lalu, cerita Renault Kwid berlanjut. Mobil murah merek Perancis ini akan meluncurkan varian transmisi otomatis di India, Rabu, (9/11/2016).

Varian ini datang untuk melengkapi versi manual lima percepatannya yang sudah lebih dulu hadir. Menurut autocarindia.com, Kwid versi matik ini datang menggunakan transmisi AMT (Automated Manual Transmission) atau disebut juga "Easy-R" gearbox.

Pola kerja transmisi AMT cukup aneh karena hanya memiliki tiga pilihan, yakni maju (D), netral (N), dan mundur (R) dengan lima tingkat percepatan. Uniknya lagi, untuk mengoperasikannya sudah tidak menggunakan tuas persneling, melainkan memakai knop atau semacam kontrol putar yang letaknya berada di dasbor.

Pengendara cukup putar knop ke arah yang dibutuhkan untuk mengoperasikan gerak mobil, tanpa repot mengeser batang tuas transmisi lagi. Konsepnya mirip yang ada pada mobil-mobil premium Eropa. Selain unik, hal ini juga akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara.

Dalan pengujian yang sudah dilakukan autocarindia, dikatakan meski memiliki transmisi lima percepatan, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan tuas untuk mengoprasikan secara manual.

autocarindia.com Transmisni matik Renult Kwid tanpa tuas persneling.

Cara kerja transmisini ini sudah diatur menggunakan ECM yang fungsinya seperti perangkat Engine Control Unit (ECU) dan disertai fitur "creep" atau "crawal". Fungsinya untuk menahan mobil dalam kondisi diam saat knob di posisi netral tanpa harus menginjak pedal rem. Namun begitu hal ini berbahaya ketika dilakukan pada permukaan jalan yang tidak rata.

Renault Kwid AMT hadir menggunakan mesin 1.000 cc yang sama dengan di Indonesia. Transmisi AMT ini bisa jadi merupakan transmisi matik yang akan dibawa oleh Renault Indonesia tahun 2017 mendatang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.