Yaris Heykers Tak Dijerumuskan di Segmen "Crossover"

Kompas.com - 03/11/2016, 18:22 WIB
Toyota Yaris Heykers tidak dimasukkan di kelas crossover. KompasOtomotif-Donny AprilianandaToyota Yaris Heykers tidak dimasukkan di kelas crossover.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Asumsi bahwa Yaris Heykers sebagai crossover pesaing Honda HR-V dipatahkan Toyota Indonesia. Ground clearance-nya memang lebih tinggi dan mendekati mobil-mobil di segmen SUV. Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap memasukkannya di segmen hatchback.

Dikatakan Sri Agung Handayani, Product General Manager Yaris TAM, dalam peluncuran di Jakarta, (3/11/2016), Yaris Heykers akan memenuhi segmen pasar yang sama. Konsumennya pun hampir sama, tetapi bakal beda gaya dan karakter.

”Tahun lalu, kami melakukan survei berkala, dan ternyata hatchback terbagi menjadi dua kelas, fun stylish dan satu sisi ada anak muda yang ingin lebih merealisasikan gaya hidup dengan gaya sporty berbau adventure,” ucap Sri Agung.

Di sinilah kemudian TAM menemukan segmen baru. Sri Agung menyatakan bahwa pasar yang dituju dari Yaris Heykers akan sama dengan versi hatchback. Namun, lebih spesifik lagi, model ini lebih ke segmen dalam untuk menjawab kebutuhan.

Apa yang dilontarkan Sri Agung diamini F Soerjopranoto, Executive GM Vehicle Sales Planning TAM. Yaris Heykers mengemban konsep urban adventure hatchback yang lebih spesifik ketimbang Yaris TRD Sportivo.

”Kami memberikan pilihan baru untuk konsumen yang ingin berbeda dengan petualangannya sendiri. Misalnya, pergi ke luar kota dengan keragaman jalan yang bervariasi. Kalau soal segmentasi, Heykers tetap hatchback, bukan crossover,” ucap Soerjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.