Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Sukses Modifikasi "Kaki-kaki Motor"

Kompas.com - 29/08/2016, 17:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – ”Kaki-kaki” bisa dibilang menjadi komponen utama kendaraan untuk menggelinding mulus, tak terkecuali sepeda motor. Buat Anda yang ingin tampil lebih keren dengan memodifikasi kaki-kaki, ternyata tidak bisa serampangan.

Henrik, pemilik toko aksesori di Jl RS Soeakanto, Jakarta Timur, menegaskan bahwa penerapan modifikasi kaki-kaki yang salah berakibat pada performa melaju sepeda motor. Mulai dari handling, melakukan manuver, sampai berefek pada kecepatan.

”Kaki-kaki itu ya roda yang terdiri dari pelek dan ban, suspensi, lalu komponen-komponen pendukung seperti lengan ayun sampai bushing. Ada salah satu yang tidak benar pemasangan atau ukurannya, motor jadi enggak enak jalannya,” kata Henrik kepada KompasOtomotif, (26/8/2016).

Tampak sederhana, tapi kata Henrik, kuncinya pada pemilihan aksesori atau komponen yang sudah teruji. Banyak merek aksesori abal-abal yang bisa dipakai, namun saat dipasang, berpengaruh pada laju sepeda motor, atau hanya cantik dipandang.

Beginilah syarat utama mengganti atau memodifikasi sektor kaki pada sepeda motor, menurut Henrik:

1. Hindari pemakaian aksesori atau komponen murah. Bila perlu, cari limbahan motor lain yang sudah pasti teruji dari pabrikan. Itu pun harus tepat patokan dan ukurannya. ”Misalnya lengan ayun Yamaha V-ixion, atau Honda CB150R, kalau perlu pilih pelek yang sudah ada cakramnya. Lebih baik seperti itu daripada menambah cakram sendiri, karena bakal lebih ribet,” kata Henrik.

2. Paling sederhana dan aman, ganti pelek serta lengan ayun, lalu otomatis ban mengikuti. Pilih ukuran yang paling pas dan tidak mengubah berbagai komponen sekitarnya. Ukuran ban juga lebih baik tak terlalu besar dibandingkan ukuran asli.

3. Suspensi boleh diganti, asal memperhatikan fungsi dan kenyamanan. Banyak orang menganibal komponen, namun efeknya tak sebanding dengan harga. Pilih yang paling sesuai dengan dimensi dan bobot motor agar berfungsi maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com