Ini Senjata Baru Pertamina buat ”Hajar” Shell V-Power

Kompas.com - 12/08/2016, 12:07 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Tangerang, KompasOtomotif – Harga Pertamax Turbo (RON 98) dipasarkan sama dengan Pertamax Plus (RON 95). Banderol tersebut masih bisa naik atau turun. Sebab, PT Pertamina (Persero) masih menetapkan harga dengan status promo.

Saat ini, Pertamax Turbo dijual Rp 8.700 per liter. Kemungkinan besar harga itu akan naik mengingat spesifikasi antara Pertamax Turbo dan Pertamax Plus jauh berbeda.

”Tapi ingat, waktu saya launching Pertalite dulu harga promo, tapi berikutnya malah turun kan? Bisa juga Pertamax Turbo juga begitu,” kata Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran Pertamina, (11/8/2016), usai meluncurkan Pertamax Turbo di ICE Convention, BSD City, Tangerang.

Bambang juga mengatakan bahwa harga Pertamax Turbo diusahakan head to head dengan Shell V-Power. Namun keuntungan konsumen lebih tinggi karena RON 98, sementara V-Power masih sama dengan Pertamax Plus RON 95.

”Kalau saya sudah untung kenapa dijual mahal? Berpikirnya, mending untung 100 tapi jual 10, atau saya untung 50 bisa jual 50? Nggak harus untung gede, yang penting totalnya gede,” kata Bambang.

Harga BBM naik-turun menurut Bambang sudah biasa. Namun dirinya mengatakan bahwa harga yang ditetapkan mengikuti aturan Permen (Peraturan Menteri), margin maksimal 10 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.