Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tergusur Finlandia Helat MotoGP 2018

Kompas.com - 18/07/2016, 08:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kouvola, KompasOtomotif – Usaha Indonesia mengincar jadi tuan rumah MotoGP masih kurang keras ketimbang Finlandia. Menurut laporan Motorsport.com, Sabtu (16/7/2016), pemegang hak komersial MotoGP, Dorna Sport, telah menandatangani kontrak yang membuat sirkuit baru di Finlandia, Kymi Ring, untuk masuk jadwal penyelenggaraan musim 2018.

Berita tentang kesepakatan itu datang dua pekan setelah Dorna mengirimkan surat buat Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia, Imam Nahrawi, yang menyatakan Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat, tidak mungkin jadi tuan rumah MotoGP 2017. Alasannya, manajemen Sentul belum juga mengirimkan proposal renovasi sirkuit sesuai homologasi FIA.

Motorsport.com Kymi Ring bakal jadi lokasi MotoGP Finlandia pada 2018.
Sedangkan, Kymi Ring yang berada 110 km dari Ibu Kota Finlandia, Helsinski, atau tepatnya di dekat Kausala, sudah mengantongi standar FIA. Pembangunannya hingga saat ini masih dilakukan, rancangannya dibuat oleh perusahaan Wurz Design’s Test & Training Company.

Panjang trek dikatakan 4,8 km dan memiliki 15 tikungan. Kendati begitu masih ada kemungkinan bakal berubah sebelum benar-benar digunakan.

Sama seperti Indonesia, Finlandia juga pernah menggelar MotoGP. Bedanya, Finlandia terakhir jadi penyelenggara pada 1982 di Imatra, sedangkan Indonesia pada 1997 di Sentul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com