Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Perlengkapan Mudik Versi Toko "Online"

Kompas.com - 04/07/2016, 12:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak hanya soal kenyamanan dan kesehatan mobil yang dipikirkan untuk dibawa saat perjalanan mudik. Perlengkapan penunjang ternyata juga penting, seperti yang disarankan salah satu toko online di Indonesia.

Dari sembilan saran, hanya satu yang ada hubungannya dengan kendaraan, sisanya agak mendorong untuk berjualan. Namun, boleh juga dicerna buat yang belum atau berencana mudik dalam dua hari terakhir jelang Lebaran. Berikut item yang perlu dibawa saat mudik versi MatahariMall.com:

1. Komponen dan Perkakas Mobil. Pastikan mobil untuk mudik memiliki komponen lengkap. Mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-surat. Selain itu, pastikan bahwa terdapat kotak perkakas lengkap, dongkrak, maupun ban cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan. Pompa ban juga dapat menjadi pilihan cerdas untuk dibawa dan dimanfaatkan pada kondisi darurat.

2. Lebih simpel tanpa tunai. Bawa kartu tol atau voucher sesuai kebutuhan. Misalnya, voucher bensin, atau voucher makanan cepat saji, yang pasti akan mempercepat waktu transaksi.

3. Powerbank dan charger mobil. Ponsel berkamera pasti digunakan untuk mengabadikan momen. Jangan lupa daya tambahan, misalnya powerbank atau charger mobil. Minimal daya powerbank 10.000 mAh, atau pilih solar charger.

4. Bantal leher. Perjalanan panjang melelahkan butuh istirahat sejenak. Bantal leher akan membantu menjaga posisi kepala selama beristirahat.

5. Jaket atau sweater. Pakaian hangat seperti jaket, sweater, atau syal mengantisipasi kondisi cuaca selama perjalanan yang tidak menentu. Ini mengharuskan Anda menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

6. Hiburan dalam genggaman. Pasang headset dan pemutar musik menjadi alternatif penghilang bosan. Boleh juga bawa game konsol genggam, membantu untuk menghabiskan waktu di dalam mobil.

7. Kipas angin portable. Ini cukup aneh, karena mobil biasanya sudah dilengkapi AC yang cukup dingin. Mungkin ini antisipasi toko online jika AC tak berfungsi baik.

8. Senter. Ketika harus melakukan perbaikan pada mobil hari sudah gelap atau mencari barang, senter dapat menjadi barang yang penting untuk dibawa.

9. Perlengkapan P3K. Bawalah multivitamin dan obat-obatan pribadi, serta perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com